Connect with us

TNI / Polri

Koops TNI Habema Berhasil Atasi Gangguan OPM yang Teror Distrik Sinak

Published

on

Timika, – Gangguan Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah, pada akhir Mei lalu, berhasil diatasi oleh Pasukan Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema. Tidak puas dengan kondisi tersebut, pada awal Juni, tepatnya Senin (3/6/2024)  OPM kembali melancarkan aksinya, dan kali ini diarahkan ke wilayah Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, yang masih berada di Provinsi Papua Tengah.

 

Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib mengawali aksi gangguannya dengan cara menekan warga dan meneror keamanan wilayah Distrik Sinak, tepatnya di area Pasar Sinak. Saat melancarkan aksinya, salah satu anggota OPM bersenjata yang diketahui bernama Dombol Murib (adik Kalenak Murib) kerap memaksa dan meminta makanan serta uang warga setempat, bahkan menganiaya masyarakat bila tidak dituruti keinginannya.

 

Ketika melihat kelompok OPM Dombol Murib mendekati area Pasar Sinak, warga panik dan lari melaporkannya kepada Aparat Keamanan setempat. Pasukan Koops Habema yang berada relatif dekat dengan area tersebut, tengah melaksanakan pengamanan pembangunan Pos Gabungan oleh Satuan Faskon Mabes TNI.

 

Menindaklanjuti laporan warga, maka dengan sigap, Pasukan Koops Habema langsung bergerak menuju area Pasar Sinak, guna menyelamatkan warga setempat yang panik dan lari ketakutan akibat ulah OPM tersebut.

 

Kelompok OPM Dombol Murib yang melihat pergerakan Pasukan Koops Habema langsung berusaha menghadang dengan tembakan senjata ke arah para prajurit TNI. Menghadapi tembakan OPM, Pasukan Koops Habema terus bergerak mendekati lokasi Pasar Sinak, dan bahkan melanjutkan pengejaran terhadap kelompok OPM yang terus mengeluarkan tembakan. Tindakan taktis militer dilakukan oleh Pasukan Koops Habema guna memastikan arah datangnya tembakan.

 

Dari pantauan pasukan TNI, terlihat dua orang OPM yang membawa senjata beserta beberapa anggota OPM didekatnya. Berdasarkan pantauan tersebut, Pasukan Koops Habema mengarahkan tembakan terbidik ke arah anggota OPM yang membawa senjata dan berhasil mengenai sasaran. Pasca penembakan, terpantau bahwa kelompok OPM kabur melarikan diri melalui aliran sungai menuju ke Kampung Nigilome, serta membawa pergi rekannya yang tertembak.

 

“Pasukan Koops Habema yang berhasil menindak Kelompok OPM pimpinan Kalenak Murib di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, telah menunjukkan upaya menciptakan keamanan wilayah guna mendukung percepatan pembangunan Papua,” ucap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III

Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon pasca operasi dilancarkan.

Continue Reading

TNI / Polri

PERKUAT SEMANGAT NAVY BROTHERHOOD, TNI AL DAN TLDM GELAR OPERASI TERKOORDINASI MALINDO 165/24 DI SELAT MALAKA

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel selaku Dansatgas Operasi Patroli Terkoordinasi Malaysia Indonesia (OPS PATKOR MALINDO) 165/24, menghadiri Upacara Pembukaan Ops Patkor Malindo 165/24 di Pangkalan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) Langkawi, Rabu (18/09/2024).

 

Operasi Patroli Terkoordinasi (Patkor) merupakan bentuk kerjasama Indonesia dan Malaysia yang sangat penting untuk dilakukan. Ops Patkor Malindo juga penting dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan memperkuat hubungan serta semangat Navy Brotherhood Angkatan Laut kedua negara.

 

Adapun masing-masing kedua Angkatan Laut mengerahkan dua kapal perangnya dalam Patroli Terkoordinasi Malindo 165/24, TNI AL menugaskan KRI Torani-860 dan KRI Lepu-862, sedangkan TLDM menurunkan KD Handalan dan KD Jerai.

 

Kita ketahui bersama Selat Malaka merupakan salah satu selat tersibuk di dunia sebagai Sea Line of Communication (SLOC), dan Sea Line of Trade (SLOT). Lebih dari lima ratus kapal dengan berbagai tipe melewati rute ini setiap harinya. Berbagai kepentingan baik Nasional maupun Internasional terjadi di Selat Malaka

 

Oleh karena itu, kehadiran Angkatan Laut Malaysia dan Indonesia sangat signifikan dalam memberantas kegiatan ilegal sebagai wujud Rasa aman di kawasan ini.

 

Operasi Patkor Malindo 165/24 merupakan bentuk kerja sama bilateral antara Malaysia dan Indonesia (Malindo) dalam rangka pengamanan wilayah Perairan Selat Malaka demi menjaga keamanan dan kepentingan Nasional kedua Negara.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

LANTAMAL I GELAR BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA HUT KE-79 TNI AL TAHUN 2024

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Pangkalan utama TNI Angkatan Laut I (Lantamal I) menggelar Bakti Sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-79 Tahun 2024, bertempat di Jalan Kolonel Yos Sudarso, Kelurahan Belawan Bahari Lingkungan XI, Kecamatan Belawan, Sumatera Utara, Rabu (18/9/2024).

 

Adapun Baksos yang dilaksanakan berupa penyerahan sembako oleh Aspotmar Danlantamal I Kolonel Mar Hendra Zarnadi dan Kadispotmar Lantamal I Letkol Laut (K) Kariadi mewakili Danlantamal I, dengan jumlah 237 paket Sembako kepada warga Lingkungan X dan XI Kelurahan Belawan Bahari, Sumatera Utara.

 

Pada tempat terpisah, Danlantamal I menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut tahun 2024, semoga bermanfaat dan dapat membantu meringankan kebutuhan masyarakat.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

DANLANAL BINTAN HADIRI PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1446 HIJRIYAH DI MASJID NURUL IMAN KIJANG

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H yang digelar di Masjid Nurul Iman Kijang, Bintan, Senin (16/09/2024).

 

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 Hijriyah, masyarakat muslim diharapkan dapat mentauladani Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, supaya dalam menjalin kehidupan senantiasa rukun dan damai. “Jadikan Nabi Muhammad sebagai panutan dalam kehidupan agar berkah dunia dan akhirat,”.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Ahdi Muqsith juga tidak lupa mengimbau masyarakat yang hadir untuk tidak momen ini dijadikan sebagai seremoniol saja. Kemudian, terus menjaga silaturahmi sesama umat muslim. Dimoment Maulid hari kelahiran Nabi Muhammad, mari kita buka lembaran baru menuju kehidupan yang lebih baik lagi dengan mempertebal keimanan dan ketaqwaan.

 

Tabligh Akbar di Masjid Besar Nurul Iman, Kijang tersebut mengundang ustaz Dedi Sanjaya. Disejalankan dengan penyerahan sembako untuk dhuafa dan anak yatim serta insentif bagi Guru Mengaji, Imam Masjid, Mubaligh dan Fardhu Kifayah.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

Trending