Connect with us

nasional

Dikunjungi Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI, Rutan Cipinang Optimis Raih Predikat WBK

Published

on

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang menerima kunjungan kerja dari Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI, Kosmas Harefa. Kunjungan ini dimaksudkan dalam rangka peninjauan sarana prasarana serta Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, Selasa (25/6).

 

Dalam kunjungan tersebut, Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI, Kosmas Harefa disambut oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Tony Nainggolan didampingi oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar dan Kepala Sub Seksi Administrasi dan Perawatan, I Gusti Bagus.

 

Kosmas Harefa memulai kunjungannya dengan meninjau langsung sarana dan prasarana yang ada di Rutan Cipinang. Beberapa area yang dikunjungi antara lain ruang kunjungan, klinik kesehatan, dapur sehati, ruang kegiatan pembinaan hingga ke blok hunian warga binaan.

 

Dalam setiap kunjungan, beliau memastikan bahwa sarana prasarana yang tersedia sudah memenuhi standar yang ditetapkan dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan.

 

Selain meninjau sarana dan prasarana, Kosmas Harefa juga berdialog langsung dengan para warga binaan dan keluarga mereka untuk mendengarkan masukan dan keluhan terkait pelayanan dan kondisi di dalam Rutan. “Kami ingin memastikan bahwa semua program dan kebijakan yang mendukung Zona Integritas benar-benar berjalan dengan baik di lapangan. Pelayanan yang berkualitas, transparansi, dan akuntabilitas adalah kunci untuk menciptakan lingkungan Pemasyarakatan yang lebih baik,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, “Saya melihat bahwa fasilitas dan sarana prasarana yang ada di Rutan Cipinang sudah tertata dengan cukup baik. Saya berharap hal ini dapat dipertahankan dan saya juga mendukung penuh upaya untuk menjadikan Rutan Cipinang bisa mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di tahun 2024 ini,” tuturnya.

 

Pada akhir kegiatan, Staf Ahli Bidang Sosial Kemenkumham RI Kosmas Harefa berpesan kepada seluruh jajaran pegawai Rutan Cipinang harus memiliki komitmen dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

 

“Pembangunan Zona Integritas harus didukung semua lini baik lini paling atas maupun paling bawah, berikan pemahaman-pemahaman seluruhnya, termasuk kepada masyarakat tentang apa yang kita sudah lakukan, jaga kekompakan, jaga sinergitas baik internal maupun eksternal karena ini sangat penting dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi,” pesan Kosmas Harefa

Continue Reading

nasional

Perkuat Sistem Pengamanan, Kepala Kesatuan Pengamanan Berikan Arahan Ke Petugas Regu Pengamanan

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang terus melakukan implementasi Kunci Pemasyarakatan Maju 3+1, salah satunya yaitu pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban dengan cara menjalin sinergitas antar Regu Pengamanan, Kamis (4/7).

Pada kesempatan ini, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR) Kelas I Cipinang, Febrian Sony memberikan pengarahan kepada Komandan Regu Pengamanan untuk selalu menjaga kedisiplinan anggotanya dan memaksimalkan pengamanan pada saat Apel Serah Terima Regu Pengamanan.

 

“Apel serah terima regu pengamanan harus dimaksimalkan pada saat pergantian regu jaga, karena serah terima ini sendiri adalah pelimpahan tanggung jawab seluruh pengamanan antar regu jaga mulai dari pelimpahan seluruh warga binaan hingga sarana prasarana. Setiap regu pengamanan dituntut untuk senantiasa cermat, tanggap dan teliti pada saat menerima atau menyerahkan tanggung jawab pengamanan antar regu jaga,” tegasnya.

Febrian Sony menambahkan kepada seluruh anggota regu jaga agar senantiasa melaksanakan kontrol keliling serta penggeledahan, baik secara rutin maupun insidentil. “Jiwa intelijen harus benar-benar dimiliki semua petugas Pemasyarakatan sehingga tercipta situasi dan kondisi yang aman demi tercapainya pembinaan didalam Rutan,” tambahnya.

 

Mengakhiri arahannya, Ka.KPR juga mengajak seluruh petugas pengamanan untuk selalu menjaga profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas. “Kita adalah garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan Cipinang. Mari kita laksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Pastikan Sistem Kelistrikan Dan Aliran Air Berfungsi Dengan Baik, Rutan Cipinang Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Published

on

By

Jakarta – Listrik dan air merupakan dua elemen yang tak terpisahkan dalam kebutuhan sehari-hari, baik di rumah tangga, industri, maupun perkantoran. Keduanya memainkan peran yang sangat vital dalam menjaga kenyamanan dan produktivitas.

 

Tak terkecuali di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, di mana langkah-langkah preventif terus digalakkan demi memastikan keamanan, ketertiban, dan kenyamanan seluruh penghuni dengan melakukan pengecekan rutin instalasi listrik dan air di seluruh area blok hunian warga binaan, Rabu (3/7).

 

Kegiatan pengecekan ini dilakukan secara rutin dan menyeluruh, mencakup setiap sudut dan instalasi yang ada, sehingga dapat memastikan tidak ada kerusakan atau potensi bahaya yang dapat mengancam keamanan dan kenyamanan para warga binaan.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi prioritas utama dalam menjaga fasilitas yang ada tetap berfungsi dengan baik dan mencegah potensi bahaya yang bisa timbul dari kelalaian.

 

“Instalasi listrik dan Air yang baik dan terjaga adalah jantung dari berbagai aktivitas di Rutan Cipinang. Listrik tidak hanya menyediakan penerangan, tetapi juga mendukung operasional berbagai peralatan yang esensial, mulai dari sistem keamanan hingga peralatan medis,” ucapnya

 

Lebih lanjut, “Air juga merupakan kebutuhan vital bagi warga binaan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti mandi, mencuci pakaian dan lain-lainnya.

 

Ketersediaan air yang mencukupi dan baik sangat menentukan dalam menjaga kebersihan, kesehatan dan kenyamanan mereka sehari-hari sehingga dapat menciptakan suasana yang aman dan tertib,” tutur Sukarno Ali

 

Sesuai instruksi Kepala Rutan, Kepala Seksi Pengelolaan, Kiki Aji Hidayat dan Kepala Sub Seksi Keuangan dan Perlengkapan, Muhamad Kahfi bersama Tim BMN langsung melakukan pengecekan kelistrikan dan air seperti mengecek panel-panel listrik, genset listrik, saluran air hingga pompa air.

 

Langkah ini diambil sebagai bagian dari komitmen untuk memastikan bahwa seluruh sistem kelistrikan dan aliran air berfungsi dengan baik dan aman.

 

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya untuk melakukan deteksi dini terhadap pemeriksaan aliran listrik dan air.

 

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dasar warga binaan dapat dipenuhi sehingga bisa menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas/Rutan.

 

Untuk diketahui, pemeriksaan ini akan dilakukan secara berkala dan berkesinambungan, dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Selain pemeriksaan oleh tim internal, Rutan Cipinang juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memiliki sertifikasi dan kompetensi dalam bidang kelistrikan maupun pengairan.

Continue Reading

nasional

dr. Dian Sriwianti Karsoma Calon Bupati Purwakarta Periode 2024-2029

Published

on

By

Jakarta – Siap Menjadi Bupati Purwakarta, Jawa Barat, dr. Dian Sriwidianti Karsoma, saat ini terus melakukan konsolidasi menggalang dukungan ke segenap warga Purwakarta berbunung sudah semakin mendekatnya Pilkada serentak 27 November 2024.

Salah satu sosok calon bupati baru yang menuai perhatian publik di Kabupaten Purwakarta adalah sosok dr. Dian Sriwidianti Karsoma.

Putri mantan Sekda Purwakarta Fadil Karsoma itu juga menegaskan, politik yang sehat akan mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada lembaga politik dan pemerintah.

Ia juga melihat bahwa Kabupaten Purwakarta merupakan kabupaten yang cukup kaya sumber daya alam, APBD-nya mencukupi, industrinya maju, namun masih banyak problematika yang perlu diselesaikan.

Calon Bupati Purwakarta, dr. Dian Sriwianti Karsoma kesiapan maju Pilkada Purwakarta 2024, Dian menyatakan sudah bulat untuk mengambil risiko dan segala konsekuensinya mengungkapkan beberapa hal kepada awak media, saat di temui oleh awak media diHotel Mercure Jl. Cikini Raya No.66, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta pusat.Selasa (2/7/2024)

Ia dan para tim relawannya sudah mulai gencar melakukan sosialisasi dan bersilaturahmi dengan berbagai lapisan masyarakat. Gambar dirinya sudah mulai terpasang di beberapa titik strategis.

Pilkada merupakan sebuah sistem demokrasi yang mana merupakan hak warga Purwakarta untuk tampil, namun tentunya warga yang mempunyai visi misi yang jelas, harus mewujudkan keadilan dan kesejahteraan untuk Purwakarta, yang intinya Purwakarta ini harus lebih baik dari sekarang,” bebernya.

Ia juga mengaku sudah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai yang digadang-gadang bakal menjadi kendaraannya menuju Pilkada.

“Soal dengan partai mana saya akan maju, Alhamdulillah sudah menjalin komunikasi dengan beberapa ketua partai. Hanya untuk saat ini mohon maaf saya belum bisa publikasikan di media,” ujarnya.

Dikenal sebagai pribadi yang pekerja keras, penuh semangat, dan mudah bergaul, dr. Dian Sriwidianti Karsoma adalah sosok yang selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang digelutinya.

DR. Tubagus Bahruddin, SE, MM, yang didaulat untuk menjadi leader di DIAN CENTRE dalam pemenangan sang Calon Bupati Purwakarta, dr. Dian Sriwianti Karsoma.

Harapan rakyat Purwakarta pada dr. Dian menjadi Bupati Purwakarta adalah agar kehidupan rakyat Purwakarta ingin lebih baik, pungkasnya.

Continue Reading

Trending