Connect with us

TNI / Polri

Kadislitbangad Tinjau Progress Prototype Robot Training Tembak Reaksi Integrated dan Prototype Sensor Tembak Counter Sniper Program Litbanghan TA. 2021

Published

on

JAKARTA, – Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Kadislitbangad) Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, didamping Kepala Peneliti Dislitbangad Kolonel Cpl Apandi Suharto, meninjau progress dan perkembangan Prototype Robotot Training Tembak Reaksi Integrated dan Prototype Sensor Tembak Counter Sniper Program Litbanghan TA. 2021 di PT. Ansa Solusitama Indonesia, Malang Jawa Timur, Kamis (9/9/2021).

Sebelum peninjauan Kadislitbangad menerima paparan dari Direktur PT. Ansa Solusitama Indonesia, Aji Wijanarko selaku pihak mitra yang menyampaikan bahwa Prototype Robot Training Tembak Reaksi Integrated dan Prototype Sensor Tembak Counter Sniper Program Litbanghan TA. 2021 telah mencapai target progress 80%. Program Prototype Robot Training Tembak Reaksi Integrated merupakan lanjutan dari program TA 2019 yaitu Rancang Bangun Lesan Tembak Robotik Tahap II. Program tahap II telah selesai dilaksanakan dengan hasil yang cukup baik. Pada program tahap III yang akan dilaksanakan, prototype akan ditingkatkan kemampuannya dari segi kualitatif dan kuantitatif antara lain dari segi kemampuan manuver alat dan sinkronisasi antar alat, sedangkan dari segi kuantitatif terdapat penambahan jumlah alat menjadi empat buah sehingga manuver keempat robotik tersebut mampu menyesuaikan keadaan medan dan kerja sama antar robotik tersebut. Sehingga kedua hal tersebut hasilnya akan sangat berguna dalam mendukung tugas latihan maupun tugas operasi prajurit dari segi kemampuan menembak. Dalam peninjauan ini, persentase 80% meliputi terbentuknya mekatronik robot training tembak reaksi integrated dalam segi mekanik, elektronik dan software yang terkait, serta terbentuknya kendaraan Ground Control System (GCS) untuk memuat robot beserta server operator. Program prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 merupakan rancang bangun inovasi teknologi yang mencakup sistem penginderaan akustik, dengan memiliki kemampuan mengidentifikasi, membedakan, dan melaporkan tembakan musuh dalam beberapa detik setelah tembakan dilepaskan.

Dalam penelitian ini, PT. Ansa mengembangkan prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 yang dapat menentukan arah sumber suara tembakan dan jenis kaliber yang ditembakan oleh musuh. Dalam penentuan arah sumber suara menggunakan MEMS Digital Microphone yang diparalel atau sering dikenal sebagai MIC ARRAY. Dan untuk klasifikasi suara tembakan dalam kaliber tertentu menggunakan program kecerdasan buatan dengan mengandalkan inputan sinyal suara dari microphone agar dapat membedakan mana suara tembakan dengan kaliber tertentu dan mana bukan suara tembakan. Untuk peninjauan ini, diketahui bahwa program prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 telah terlaksana yang jika dipersentasekan sebesar 80%.

” Parameter ini didasarkan pada terbentuknya sistem mekatronik dalam segi mekanik, elektronik dan software yang digunakan. Progress penyelesaian 20% pada prototype robot training tembak reaksi integrated dan prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 dikerjakan di bulan Oktober hingga Desember 2021, “ujar Direktur PT. Ansa Solusitama Indonesia, Aji Wijanarko.

Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.,S.I.Kom.,M.M, mengatakan bahwa prototype robot training tembak reaksi integrated dan prototype sensor tembak counter sniper program litbanghan TA. 2021 merupakan kebanggaan dan produk andalan Dislitbangad, untuk itu kepada mitra PT. Ansa Solusitama Indonesia hendaknya menyelesaikan secara tepat waktu dan pengerjaannya juga tepat guna bukan sekedar cepat selesai tapi tidak tepat guna, karena prototype robot training tembak reaksi integrated dan prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 akan digunakan oleh prajurit TNI AD khususnya sebagai sarana latihan agar lebih mahir dan lebih profesional baik saat latihan maupun di medan tugas operasi.

” Keseimbangan cost atau biaya serta anggaran yang yang keluar dengan output yang dihasilkan harus seimbang dan memiliki nilai guna yang tepat sebagai sarana untuk berlatih para prajurit, ” ujar Kadislitbangad.

Selanjutnya Kadislitbangad mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerja keras PT Ansa Solusitama Indonesia dengan progress saat ini mencapai 80 %. Harapannya progress penyelesaian 20% pada prototype robot training tembak reaksi integrated dan prototype sensor tembak counter sniper program Litbanghan TA. 2021 dikerjakan di bulan Oktober hingga Desember 2021 dan sudah diintegrasikan serta dilatihkan secara terintegrasi bukan hanya penyelesaian 100 %, juga bukan hanya prototype nya saja, tapi sudah diintegrasikan baik antar robot maupun sinkronisasi alat dan yang mengawakinya.

” Jangan terkesan hanya bermain Game semata, tapi nilai taktik dalam latihan tidak diperhatikan, karena nilai lebihnya adalah mampu menyesuaikan keadaan medan dan kerja sama antar robotik tersebut, sehingga kedua hal tersebut hasilnya akan sangat berguna dalam mendukung tugas latihan maupun tugas operasi prajurit dari segi kemampuan menembak, ” pungkasnya. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

RIBUAN MASYARAKAT DAN PRAJURIT TNI AL TURUT SEMARAKKAN KEGIATAN NBOD YANG DILAKSANAKAN DI TANJUNG UBAN BINTAN

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Ribuan masyarakat Bintan bersama Prajurit TNI AL turut semarakkan kegiatan NBOD (Naval Base Open Day) yang diselenggarakan di Tanjung Uban dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut HUT TNI AL Ke-79 tahun 2024, Sabtu (07/09/2024).

 

Kemeriahan kegiatan penyelenggaraan NBOD oleh Koarmada I yang dilaksanakan di wilayah kerja Lanal Bintan, merupakan hasil kerjasama seluruh panitia jajaran Koarmada I yang berada di Bintan dan Batam. Kegiatan tersebut dimulai dari Lapangan Hang Tuah Lanal Bintan dengan diawali pelaksanaan Senam SKJ 88 yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir, baik dari masyarakat Bintan dan sekitarnya maupun Prajurit TNI AL yang berada di bawah jajaran Koarmada I yang berada di Tanjung Pinang, Tanjung Uban dan Batam serta perwakilan dari instansi lainnya.

 

Setelah pelaksanaan Senam SKJ 88, seluruh peserta melakukan persiapan jalan sehat. Jalan sehat dimulai/start di depan halaman Mako Lanal Bintan dan finish di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban. Dengan antusias, peserta jalan sehat, diikuti masyarakat dan prajurit TNI AL. Kebersamaan inilah yang merupakan salah satu bentuk kemanunggalan antara TNI dan masyarakat. Setelah finish di Lapangan Fasharkan Mentigi, para peserta jalan sehat sudah disambut dengan adanya panggung hiburan dan bermacam-macam bazar. Pada kegiatan NBOD tersebut juga ada Pameran Alutsista, Bakti Kesehatan, Bakti Sosial dan yang tidak kalah pentingnya adalah pengundian door prise bagi peserta jalan sehat dengan bermacam-macam hadiah door prise dan hadiah Utama 2 Unit sepeda motor.

 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Koarmada I Laksmana Pertama TNI Haris Bima Bayu Seto, S.E. M.Si., M.Tr.Opsla, Ir.  Kapoksahli Koarmada I Laksamana Pertama TNI Buddy Suseto, S.E., M.Si., (Han)., Ph.D., Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla., Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan, PJU Koarmada I, PJU Danlantamal IV Batam, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Agung Prabowo, serta Forkompinda Provinsi Kepri dan masyarakat.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Sabang Hadiri Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang (Danlanal Sabang) Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., beserta unsur Forkopimda Aceh menghadiri kegiatan Pelaksanaan Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Wilayah Aceh, bertempat di Gedung Serbaguna Sekda Aceh, Kota Banda Aceh, Sabtu (07/09/2024).

 

Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi PB PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 kali ini membahas tentang perkembangan situasi dan kondisi menjelang akan dibukanya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 09 September 2024 yang akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo beserta beberapa Pejabat terkait.

 

Sementara Persiapan Geladi Pembukaan atau Opening Ceremony sebelumnya telah dipersiapkan dengan baik oleh Panitia Pelaksana dan disaksikan langsung Kordinator Menteri Pembangunan Manusia Muhadjir Efendi saat mengunjungi Stadion Harapan Bangsa, yang juga menjadi tempat Pembukaan PON XXI Tahun 2024 dengan kapasitas 14.000 penonton.

 

Kesiapan menjelang dibukanya Pekan Olahraga Nasional, merupakan faktor utama dan terus menjadi perhatian serta atensi, guna menunjang keberhasilan penyelenggaraan olahraga bergensi terutama cabang olahraga yang dipertandingkan di Provinsi Aceh.

 

Komandan Lanal Sabang selaku Dansub Satgas PAM Laut, senantiasa mensupport penyelenggaraan PON XXI dan berharap rangkaian kegiatan berjalan dengan baik, aman dan lancar serta memastikan keamanan di sektor-sektor dan area yang menjadi tempat event cabang olahraga terutama olahraga air.

 

Pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi PB PON XXI berjalan dengan baik dan lancar serta hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Sabang beserta unsur Forkopimda Provinsi Aceh.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

SAMBUT HUT KE-79 TNI AL, LANTAMAL I LAKSANAKAN NBOD

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, menghadiri acara Naval Base Open Day (NBOD) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI Angkatan Laut Tahun 2024, bertempat di Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Sabtu (07/9/2024).

 

Acara tersebut disaksikan dan dihadiri oleh masyarakat dan pelajar yang datang dari Kota Medan, dan Belawan serta dari beberapa Kabupaten di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Begitu tingginya antusias masyarakat dan pelajar yang menyaksikan.

 

Adapun kegiatan yang dilaksankan yakni, Pameran Alutsista, Open Ship ke KRI dan KAL, Bazar, Makan Bergizi Bersama Pelajar, Pengobatan Gratis, Panggung Hiburan dan Persembahan Tarian, Koloni Senapan, serta Pembagian Sembako kepada Masyarakat Nelayan.

 

Acara terpusat di Koarmada RI yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali beserta Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali dan dilaksanakan oleh seluruh Kotama TNI Angkatan Laut di Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlantamal I menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat dan memperkenalkan lebih dalam tentang TNI Angkatan Laut, mengingat keberadaan laut bagi bangsa Indonesia merupakan hal vital, selain pemersatu pulau pulau Indonesia, serta urat nadi perekonomian antar pulau, karena di pulau tersimpan sumber kekayaan alam yang dapat memakmurkan rakyat Indonesia.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I, para Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I, Personel Lantamal I, Prajurit Yonmarhanlan I dan Yonif 8 Marinir Pangkalan Berandan.

 

(Dispen Lantamal )

Continue Reading

Trending