Connect with us

Daerah

Meneruskan Usaha Keluarga Pengrajin Tanah Liat Yang Hampir Punah

Published

on

Tulungagung, – Pengrajin tanah liat tradisional Gerabah rumah tangga seperti Stupa, Pot bunga, Cobek, Kendi serta yang lainnya, masih kita jumpai di Tulungagung.

Selain kerajinan tanah liat untuk membuat batu bata, genteng, keramik, mainan anak-anak dan lain nya. Memang
manfaat tanah liat dan lempung begitu banyak untuk kepentingan manusia.

Murtina 48 tahun ibu dua anak ini yang sudah mempunyai cucu, di temui wartawan Karyapost.com Minggu, (06/09/2020) sedang memproduksi Cobek dan Pot bunga di workshop nya di Dusun Kranjan, Rt 05 Rw 02, Desa Bendungan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulung Agung-Jawa Timur.

Sudah hampir 25 tahun meneruskan usaha keluarga suaminya, Murtinah menggeluti usaha tanah liat ini untuk dibuat berbagai macam bentuk untuk dipasarkan ke luar daerah.

“Meski jumlah pengrajin ndak sebanyak tahun dulu, disini bisa dihitung jari yang masih memproduksi kerajinan tradisional tanah liat.” ucap Murtina.

Dalam satu hari Murtina bisa memproduksi hampir 100 pcs cobek dan pot bunga. Adonan tanah liat dicampur sedikit air dan pasir halus, lalu diinjak-injak menggunakan kaki sehingga menjadi empuk lalu dibentuk secara manual dengan tangan.

“Ya lumayan mas bisa menghidupkan keluarga dan menyekolahkan arek lanang yang baru aja lulus sekolah,” ujarnya.

Karna sudah berpengalaman turun menurun, dia mengaku bisnis Gerabahnya tidak ada kendala dalam pembuatanya.

Ibu dengan perawakan tinggi tegap ini berharap pemerintah daerah bisa membantu untuk bisa memiliki mesin cetak produksi.

Continue Reading

Daerah

KNPI Kecamatan Jatisampurna Kolaborasi Bersama PP dan Karang Taruna Gelar Vaksinasi Massal

Published

on

By

Bekasi – untuk mengejar target 100 juta warga Indonesia yang sudah divaksin, seperti yang ditargetkan oleh Presiden Jokowi, maka KNPI Kecamatan Jatisampurna turut serta membantu upaya pemerintah dalam hal ini vaksinasi bersama Pemuda Pancasila dan Karang Taruna Kecamatan Jatisampurna.

Pada kesempatan kali ini awak media berkesempatan mewawancarai Robin Irawan Ketua KNPI Kecamatan Jatisampurna, yang ditemui di sela-sela vaksinasi mengatakan agar warga masyarakat segera divaksin.

“Kita mendukung program pemerintah agar masyarakat dapat segera mengikuti vaksinasi. Target setiap kelurahan 5000 peserta,” katanya dengan ramah.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Jatisampurna Suryana mengatakan agar ke depannya tidak simpang siur mengenai lokasi vaksinasi.

“Target kami khusus hari ini belum tercapai karena kurangnya informasi atau rencana yang sudah direncanakan berubah (lokasi vaksinasi yang berubah),” ungkapnya di lokasi vaksinasi SMP 28 Jatisampurna, Kota Bekasi, Minggu, (29/08/2021)

Mari kita dukung program pemerintah dengan mau divaksin agar Herd Komunity (Kekebalan Kelompok) segera tercapai.

Continue Reading

Daerah

Sekjen Karang Taruna Jawa Barat Nasrullah, S.HI: Berharap Kepengurusan Karang Taruna Kota Bekasi Lebih Baik Lagi

Published

on

By

Kota Bekasi – Setelah masa bakti kepengurusan karang taruna yang lama selesai, maka dilakukanlah pemilihan Ketua karang taruna Kota Bekasi yang baru periode 2021-2024 .

Sekretaris Jenderal karang taruna Kota Bekasi Nasrullah, S.HI, berharap kepengurusan karang taruna Kota Bekasi yang baru untuk lebih baik lagi.

“Yang pertama selalu menjaga Marwah karang taruna, yang kedua dalam kepengurusan yang baru yang punya prestasi di kecamatan harus masuk di tingkat kota sebagai apresiasi dan mengabdi di masyarakat, serta yang ketiga karena ada regulasi dan AD/ART yang baru kita ingin kota bekasi menjadi leader bagaimana menjalankan regulasi yang baru,” urainya kepada awak media di sela-sela pemilihan Ketua karang taruna Kota Bekasi, GOR Kota Bekasi, Jalan Jend.Achmad Yani, Kota Bekasi, Kamis (26/08/2021)

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemilihan Ketua karang taruna yang baru hanya satu calon saja yaitu H. Darkam.

Kegiatan ini dibuka oleh ibu Sekretaris Daerah, dihadiri juga Kapolsek Bekasi Timur, perwakilan Kodim, Tokoh Masyarakat dan ormas antara lain Pemuda Pancasila, GIBAS, GMBI dan lain lain. Acara ini dilakukan sesuai prokol kesehatan yang ketat dan 5 M.

Continue Reading

Daerah

Ground Breaking Ureka Mart di Pondok Pesantren Annur Kota Bekasi

Published

on

By

Kota Bekasi – Di tengah pandemi Covid-19, ada sebuah terobosan CSR dengan bank mandiri di mana pondok pesantren Annur dapat kesempatan untuk membuat toko ruko Eruka Mart guna membantu ekonomi atau pendapatan perayaan umat dan masyarakat pada pesantren Annur di kota Bekasi.

Pewarta media ini berkesempatan untuk menemui H.Ahmad Ushtuchri, SE, Anggota Dewan DPRD Bekasi dari partai PKB.

H.Ahmad Ushtuchri, SE, mengatakan bahwa Eruka Mart didirikan oleh Abah Luthfi. “Eruka Mart didirikan oleh (Abah KH. Luthfi bin Yahya (Watinpres RI) sudah 2 tahun yang lalu diluncurkan oleh JATMAN yang merupakan badan otonomi NU, sebagai Toriko saya kebetulan diangkat sebagai dewan pembina,”katanya dengan ramah.

“Organisasi ini merupakan pengamal toriko. Abah sangat konsen pada ekonomi kecil, beliau melakukan pendekatan kepada BUMN agar dapat memberikan bantuan/CSR nya,”tuturnya kepada awak media di lokasi acara pondok pesantren Annur, Rabu, 11/08/2021.

Lebih lanjut, sambungnya, Bank Mandiri turut membantu. “Bank mandiri membantu secara nasional ada 4 titik yaitu 2 di Pekalongan, 1 di Jepara dan 1 lagi di pondok pesantren Annur Kota Bekasi,” bebernya.

“Dalam sejarahnya NU merupakan organisasi gabungan dari sejumlah pondok pesantren di Indonesia, dahulunya hanya fokus pada pendidikan dan pertanian saja dll. Kini di era masa globalisasi maka perlunya pendayaan ekonomi umat (masyarakat),” pungkasnya.

Kini Eruka Mart nantinya seperti Cafe (tempat nongkrong anak muda) yang nantinya disediakan wifi. Eruka Mart ini berbentuk koperasi dan sudah berizin lengkap, ada juga simpan pinjam penitipan dagangan sehingga UMKM dapat berkembang. Para santri nantinya dapat belajar berdagang dan mengelola Eruka Mart ini. ujarnya di Pondok Pesantren Annur Rabu (11/8) .

kegiatan ini secara zoom untuk seremoninya , sebab masih dalam PPKM darurat dan pandemi Covid 19 dan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Continue Reading

Trending