Connect with us

TNI / Polri

Terima Audiensi PMI Pusat dan Delegasi ICRC, Pangdam XVII/Cenderawasih Dukung Program Kesejahteraan Masyarakat Papua

Published

on

JAKARTA, – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., menerima audiensi dari Pengurus PMI Pusat Letjen TNI (Purn) Sumarsono dan Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste Alexandre Faite beserta rombongan, bertempat di Ruang Cycloops Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Kamis (4/11/2021).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Jumat (5/11/2021), Letjen TNI (Purn) Sumarsono dalam audiensi tersebut mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih beserta pejabat yang mendampingi.

Lebih lanjut Letjen TNI (Purn) Sumarsono menjelaskan bahwa kunjungannya tersebut untuk menjalin kerja sama serta meminta bantuan kepada Pangdam XVII/Cenderawasih dalam rangka menyukseskan beberapa Program PMI Pusat yang ada di Provinsi Papua.

Selanjutnya ditambahkan bahwa beberapa program tersebut terkait dengan donor darah dan sosialisasi vaksinasi bagi masyarakat di wilayah Indonesia Timur khususnya di Provinsi Papua agar kesehatan masyarakat dapat meningkat.

Sementara itu Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor Leste Alexandre Faite juga menambahkan, di samping program tersebut, Tim dari Delegasi ICRC juga akan membantu, menambah dan memperbaiki fasilitas seperti ambulance, obat-obatan dan fasilitas kesehatan lainnya.

Kemudian dijelaskan juga bahwa ICRC akan membantu dalam Program Vaksinasi Nasional agar dapat menekan dan memutus penyebaran Covid-19 yang ada di Provinsi Papua.

Menanggapi hal tersebut, Pangdam XVII/Cenderawasih menegaskan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih siap mendukung dan membantu semaksimal mungkin setiap program maupun kegiatan untuk menyejahterakan masyarakat Papua.

Selanjutnya Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A juga menambahkan bahwa untuk Program Vaksinasi Covid-19, Kodam XVII/Cenderawasih telah bersinergi dengan Polda Papua dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dalam rangka menyukseskan program vaksinasi yang berada di Bumi Cenderawasih. Hal ini terus dilakukan sehingga cakupan vaksinasi dapat menjangkau seluruh wilayah Provinsi Papua.

Turut hadir Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setyo, Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Czi Eko Pujianto, Kakesdam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr I Made Putra, Karumkit Marthen Indey Kolonel Ckm dr I Ketut Djulijasa, Waasintel Kasdam XVII/ Cenderawasih Letkol Inf Frega Wenas dan Waasops Kasdam XVII/Cenderawasih Letkol Inf I Made. (Dispenad)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Sertijab Danguskamla, Dansatkor Serta Dansatban Koarmada I

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, menghadiri Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) dari Laksamana Pertama TNI Tony Herdijanto, S.E., M.Sc., kepada Kolonel Laut (P) Anung Sutanto, S.Sos., M.Si., Komandan Satuan Kapal Eskorta (Dansatkor) dari Kolonel Laut (P) Awang Bawono, S.E., M.M., kepada Kolonel Laut (P) Ludfy, S.T., M.M.D.S., serta Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) dari Kolonel Laut (P) Himawan, M.M.S.C., kepada Kolonel Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, M.Tr.Opsla., dipimpin oleh  Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono H, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., bertempat di Dermaga Sunda, Komplek Satuan Kapal Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (18/4/2024).

 

Dalam amanatnya, Pangkoarmada I menyampaikan bahwa serah terima jabatan adalah dinamika organisasi dan wujud kepercayaan dari pemimpin TNI Angkatan Laut kepada Perwira terpilih dan juga proses regenerasi untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan, kemampuan manajerial, dan pengalaman dalam penugasan.

 

Keberhasilan Koarmada I saat ini berkat integrasi dan sinergi antar satuan yang lintas fungsi, didorong oleh akurasi tinggi, kekompakan, kebersamaan, dan kekeluargaan. Ini memungkinkan setiap satuan kerja untuk menjalankan fungsinya secara efektif.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

TNI AD Aktif Bantu Pemerintah Amankan Stok Pangan Nasional

Published

on

By

SUBANG, – Program Ketahanan Pangan (Hanpangan) yang gencar dilakukan TNI AD, baik lewat pengolahan lahan tidur hingga panen raya, terbukti sangat efektif membantu pemerintah dalam menjamin dan mengamankan ketersediaan stok pangan nasional.

 

Hal tersebut disampaikan Kasad saat melakukan panen raya padi hasil Program Hanpangan dan budidaya padi Inpari 32, serta penggunaan mekanisasi dalam pertanian yang dikelola Kostrad di Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaheran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (18/4/2024).

 

Untuk melaksanakan program tersebut, Kostrad menggandeng PT. Sang Hyang Seri (SHS) dan Program Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Korporasi (Pro Pak Tani), sebagai bagian dari komponen bangsa yang merasa terpanggil untuk membantu pemerintah di sektor pangan. Dimana program ini ditujukan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan dan meningkatkan produktivitas pertanian, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

 

“Kita perlu duduk bersama (untuk membahas) apa yang menjadi kendala, agar kita bisa membantu. Prinsip-prinsip awal ini, saya kira cukup menjanjikan nanti ke depannya, sehingga kita termotivasi untuk punya rencana yang lebih besar lagi. Bukan hanya di Subang ini, kita juga punya _project_ di Sukabumi, di Surabaya juga banyak beberapa titik pertanian di sana, di Jawa Tengah, Sumatera, kita terus berjalan. Mudah-mudahan dalam waktu dua tahun ke depan, saya kira bisa jadi salah satu contoh bagi yang lainnya,“ ujar Kasad.

 

Kasad menambahkan, Program Hanpangan yang dilakukan TNI AD ini juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi impor beras dan komoditi pangan lainnya.

 

Lokasi lahan Korporasi PT. SHS yang terletak di Desa Sukamandi mencapai luas 3.168,98 hektare. Sementara untuk percontohan yang dikerjasamakan dengan Kostrad dan Pro Pak Tani adalah seluas 30 hektare, dan baru dibuka seluas 15,7 hektare untuk ditanami padi jenis Inpari 32, serta menggunakan mekanisasi dalam pengolahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Adapun target produksi minimal 8 ton/hektare Gabah Kering Panen (GKP), dengan _offtaker_ (penjamin komoditas) hasil panennya yaitu Pro Pak Tani dan pihak TNI AD, dalam hal ini Kostrad.

 

Program Hanpangan Kostrad Budidaya Padi Inpari 32 dan mekanisasi pertanian dalam Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD yang dilaksanakan di Kabupaten Subang ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AD dalam rangka membantu pemerintah menangani permasalahan pangan, serta sebagai bentuk bantuan kemanusiaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga menyerahkan bantuan sosial kepada warga setempat dan memberikan santunan kepada yatim piatu. *(Dispenad)*

Continue Reading

TNI / Polri

Pererat Soliditas, Danlanal Dumai Halal Bi Halal Bersama Walikota dan Forkopimda Dumai

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel, M.Tr.Hanla., M.M., didampingi Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H., diikuti seluruh Perwira Staf dan jajaran Pangkalan TNI AL Dumai menghadiri Halal Bi Halal Idul Fitri 1445 H, bersama Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS., bertempat di Kediaman Walikota Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Kamis (18/4/2024).

 

Kegiatan Halal Bi Halal bersama Walikota Dumai yang dihadiri hampir seluruh Forkopimda Kota Dumai, instansi Pemerintah maupun Swasta, organisasi masyarakat dan para undangan, merupakan momen mempererat silaturahmi dan menjaga keharmonisan membangun solidaritas.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Paspotmar Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Efendi Samosir, Pasintel Lanal Dumai Mayor Laut (S) Memor Dimas Wonda, Dandenpomal Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Syafarudin, Kaur Minpers Pasminlog Kapten Laut (K/W) Letti Noprita, Amd., Keb., S.K.M., Dansatma Lanal Dumai Kapten Laut (KH) Arief Rahman Hakim, Perwira Staf dan jajaran serta perwakilan PNS Lanal Dumai.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

Trending