Connect with us

nasional

Prof Dr. Paripurna Sugarda Terpilih Jadi Ketua Keluarga Alumni Hukum Gajah Mada (KAHGAMA) Periode 2023-2028

Published

on

Jakarta, – Prof Dr. Paripurna Sugarda terpilih sebagai Ketua Keluarga Alumni Hukum Gajah Mada (KAHGAMA) periode 2023-2028.

Prof. Paripurna menceritakan. Awalnya ia bersama teman-teman menginginkan bahwa pemilihan ketua KAHGAMA dilakukan secara musyawarah dan mufakat.

Namun dinamika rapat terus berkembang dan memutuskan pemilihan ketua dilakukan secara ‘voting’. Kemudian dalam voting tersebut saya yang ikut dicalonkan oleh teman-teman mendapatkan suara terbanyak dari kandidat yang lainnya. Sebagai Ketua KAHGAMA yang baru terpilih ia menyampaikan kepada awak media, Minggu (12/03/2023).

Pemilihan dan pembentukan KAHGAMA ini merupakan systemic engagement yang dapat mendukung sumbangsih kepada negara, tuturnya.

Bahwa ia ingin UGM dengan karakternya: ” Mengakar Kuat dan Menjulang Tinggi” bisa mendunia, bisa menjadi contoh bagi dunia.
“Artinya, mengakar kuat itu.

Kita ini mengambil kearifan lokal dan budaya lokal untuk kita angkat ke dunia internasional supaya mereka mengikuti kultur kita, tidak sebaliknya,” ungkap Prof Paripurna.

Profesor yang juga mendapat jabatan sebagai komisaris utama di bank BRI mengungkapkan mengapa ia mau dicalonkan sebagai ketua KAHGAMA.

Karena ia yakin bahwa alumni fakultas hukum UGM itu mempunyai talenta yang cukup tinggi, hanya saja karena potensi-potensi mereka yang tidak di empower maka sumbangsih kita kepada penemuan hukum, pengembangan hukum nasional, penegakan hukum itu terbatas. Jadi tidak ada komunikasi yang intens antara para profesional entah itu yang ada di Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung, Komunitas Lawyer, Coorporate Lawyer yang bekerja di Kementerian itukan mereka memproduksi regulasi.

Itu kita tidak ada organisasi yang bagus untuk melakukan pengkajian, jadi sumbangsih alumni kepada masyarakat, kepada sesama alumni, kepada Bangsa dan Negara ini tidak optimal.

Prof. Dr. Paripurna Sugarda berharap kedepannya KAHGAMA dapat menjadi sarana saling tolong menolong antar alumni dan dapat mempersatukan ide-ide antara pihak FH UGM dengan para alumni.

“KAHGAMA harus bisa menjadi tempat alumni menyumbangsihkan pemikiran mereka guna kemajuan Hukum di Indonesia.” Ucap Paripurna.

“Sejumlah alumni dari UGM sudah banyak yang duduk di pemerintahan sampai saat ini sudah banyak alumni fakultas hukum UGM yang berkiprah di Indonesia atau internasional. serta melalui kekuatan digital saat ini sesama alumni saling memberi data -data untuk kemajuan KAHGAMA,”

Prof Paripurna Sugarda menegaskan kemajuan hukum di Universitas memerlukan sumbangsih pemilikiran dari para alumninya. Karena seperti teknologi yang terus mengalami perkembangan hukum pun harus mengalami perkembangan pula, harus ada orang-orang yang harus melakukan riset dan penelitian di bidang hukum, jelasnya.

Dalam jangka pendek ini, tugasnya sebagai ketua KAHGAMA, ia akan melakukan konsolidasi dan audiensi ke lembaga-lembaga pemerintah terkait untuk melakukan proses yang diharapkan itu, pungkasnya.

Continue Reading

nasional

Demi Pelayanan Prima, Rutan Cipinang Tetap Melayani Masyarakat Dan Warga Binaan di Hari Kedua Lebaran

Published

on

By

Jakarta – Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, saling memafkan dan saling bersilahtuhrahmi dengan orang terkasih menjadi tradisi setiap tahunnya. Memasuki hari kedua, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tetap membuka layanan kunjungan tatap muka di Hari Raya idul Fitri 1445 H, Kamis (11/4).

 

Momen perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini terasa begitu spesial bagi warga binaan. Terlihat dihari kedua ini pengunjung sangat antusias dan berbondong-bondong untuk bisa bertemu dengan keluarga warga binaan. Para Petugas Rutan Cipinang pun tak kenal kata lelah, mereka tetap melayani dengan prima walaupun tidak dapat berkumpul bersama keluarganya. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan warga binaan untuk bisa melepas rindu dengan sanak saudaranya.

 

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat, Rutan Cipinang memfasilitasi kunjungan dengan 2 sesi selama 2 hari berturut-turut mulai dari hari Rabu dan Kamis secara gratis. Sesi pertama pendaftaran dibuka mulai pukul 09.00 WIB — 12.30 WIB, sedangkan sesi 2 dibuka mulai pukul 13.30 WIB — 16.00 WIB.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali mengatakan bahwa Rutan Cipinang memfasilitasi layanan kunjungan lebaran sejak hari pertama sampai hari kedua, kita ingin warga binaan bisa menikmati momen hari kemenangan Idul Fitri bersama orang-orang terdekat. Hal tersebut penting agar mereka merasa dicintai oleh orang terdekat, sehingga muncul semangat untuk menjadi lebih baik.

 

“Keluarga itu menjadi sumber kekuatan utama bagi warga binaan dalam menjalani hari-hari dengan positif selama berada di Rutan Cipinang. Mendapatkan dukungan, motivasi dan rasa dimiliki tentu sangat baik untuk suksesnya reintegrasi sosial yang dijalani warga binaan agar siap kembali ke masyarakat setelah menjalani pembinaan di Rutan,” ucapnya.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang yang turut mengawasi pelaksanaan kegiatan ini meminta kepada seluruh Petugas Rutan Cipinang agar menjalankan tugas sesuai dengan SOP dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta tetap waspada, laksanakan deteksi dini untuk mengantisipasi ganggunan kemanan dan ketertiban selama kunjungan lebaran ini.

 

“Saya harap Petugas Rutan Cipinang selalu bersikap waspada terhadap segala kemungkinan. Namun tetap menunjukkan sikap yang baik dan ramah dalam memberikan pelayanan serta informasi-informasi yang dibutuhkan oleh warga binaan dan keluarganya, Semoga ini dapat mengobati rasa rindu warga binaan kepada keluarga,” pungkasnya.

 

Hal positif juga diungkapkan salah seorang warga binaan yang menyampaikan rasa syukur atas layanan lebaran yang diselenggarakan Rutan Cipinang. “Saya terharu bisa bertemu dengan keluarga di hari yang fitri ini. Momen seperti ini sangat berarti bagi kami, bisa bertemu dengan orang-orang yang kami sayang dan bisa merasakan berlebaran berkumpul dengan keluarga, terimakasih Petugas Rutan Cipinang,” ungkapnya

Continue Reading

nasional

BPH Migas Cek DPPU Soekarno Hatta, Ketersediaan Avtur Jelang Arus Balik Aman

Published

on

By

Jelang arus balik masyarakat usai silaturahmi dan libur Lebaran Idul Fitri 1445H/2024, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) melakukan pemantauan ke PT Pertamina Patra Niaga Soekarno Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI) atau Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Tangerang,  Banten, Kamis (11/04/).

 

Pemantauan ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan Jet-A1 (avtur) jelang periode arus balik yang diprediksi terjadi pada 14 – 16 April 2024 nanti.

 

“Ketersediaan avtur menjadi komponen yang penting untuk menjamin kelancaran arus balik masyarakat yang menggunakan pesawat. Hal ini (ketersediaan avtur) terkait dengan pelayanan kepada maskapai, BPH Migas memastikan distribusinya lancar dan tidak berkendala” ungkap Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra di DPPU Soekarno Hatta.

 

Yapit menjelaskan, langkah-langkah antisipasi juga telah dilaksanakan oleh DPPU Soekarno Hatta, yaitu dengan melakukan monitoring dan maintainance pada sarana dan fasilitas, melakukan monitoring terhadap ketahanan stok yang dimiliki, baik realisasi maupun untuk perencanaan, serta melakukan pengawasan mutu produk avtur dengan melakukan quality control harian rutin.

 

“Kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi rekan-rekan Pertamina, khususnya yang ada DPPU Soekarno Hatta, yang terus menjalankan tugasnya melayani masyarakat agar proses mudiknya berjalan lancar dengan mengorbankan waktu dengan keluarga” jelas Yapit

 

Sementara itu, Manager Soekarno Hatta Aviation Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI) Ridwan menjelaskan bahwa SHAFTHI juga menyuplai avtur ke Bandara lain seperti Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Pondok Cabe (Tangerang) serta Bandara Kertajati (Jawa Barat). Pertamina juga melakukan digitalisasi dalam melakukan refueling yang disebut dengan Digital Ground Operation (DGO), aplikasi berbasis digital yang digunakan operator dengan menggunakan gawai.

 

*Pemantauan SPBU di  Kabupaten Tangerang*

 

Selain mengunjungi SHAFTHI, Yapit juga melakukan pengecekan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di salah satu SPBU di daerah Dadap, Kabupaten Tangerang, Jumat (12/4).

 

Yapit melakukan pengecekan tangki timbun guna melihat ketersediaan dan kualitas BBM yang akan disalurkan ke masyarakat. Serta untuk melihat sejauh mana pembinaan yang dilakukan oleh Badan Usaha Penugasan dalam hal ini Pertamina Patra Niaga kepada Penyalur.

 

“Pembinaan berjalan baik, hanya saja masih ada temuan, yaitu tera (tanda uji) nozzle sudah habis berlakunya. Diharapkan sesegera mungkin diajukan kepada Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Metrologi setempat. Agar BBM yang disalurkan kepada masyarakat tepat jumlah,” Ujar Yapit.

 

Di samping itu, pasca banjir besar beberapa hari yang lalu, kondisi tangki pendam harus dilakukan pengecekan kembali agar kualitas BBM yang disalurkan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Sales Area Manager Banten Pertamina Patra Niaga Joko Priyambodo mengungkapkan, pihaknya segera menindaklanjuti hasil temuan ini. Hal ini bertujuan agar pendistribusian BBM tepat sasaran dan tepat volume.

 

Sebagai informasi, berdasarkan laporan posko Ramadan Idul Fitri (RAFI) Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga 12 April 2024, distribusi BBM Gasoline naik 13% dibanding penyaluran normal, sementara distribusi BBM Gasoil tercatat turun 68% dibanding penyaluran normal. Secara umum ketersediaan dan penyaluran BBM dalam kondisi Aman.

Continue Reading

nasional

Menilik Suasana Lebaran di Rutan Kelas I Cipinang, Ribuan Warga Binaan Mendapatkan Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

Published

on

By

Jakarta – Dalam suasana perayaan Idul Fitri 1445 H / 2024 M, Rutan Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, memberikan pemandangan yang istimewa. Selain Sholat Ied bersama yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, ribuan warga binaan juga merayakan momen suci ini dengan penuh semangat dan kebersamaan, dengan menikmati kebijakan remisi khusus Idul Fitri 1445 H, Rabu (10/4).

 

Mengikuti tradisi yang telah lama terjaga, Rutan Cipinang memberikan remisi khusus kepada ribuan narapidana sebagai bentuk penghargaan terhadap ketaatan mereka selama menjalani hukuman. Remisi ini tidak hanya memberikan harapan baru, tetapi juga memperkuat semangat untuk kembali ke masyarakat dengan lebih baik.

 

Adapun rincian pemberian remisi khusus Idul Fitri 1445 H yaitu diberikan kepada 1.299 warga binaan. Dari jumlah tersebut, 25 orang di antaranya bahkan langsung bebas pada hari ini sehingga dapat menikmati lebaran bersama keluarganya di rumah.

 

“Selamat untuk ribuan warga binaan yang mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1445 H, khususnya kepada 25 orang yang langsung bebas hari ini. Semoga setelah mendapat pembinaan di Rutan Cipinang dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dapat berbaur kembali dengan masyarakat dan selamat merayakan lebaran dengan keluarga,” ucap singkat Karutan, Sukarno Ali, di tengah waktunya saat mendampingi kunjungan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta di Rutan Cipinang.

 

Suasana kekeluargaan dan kebersamaan terpancar jelas di Rutan Kelas I Cipinang, mengingatkan kita bahwa di balik jeruji besi, masih ada harapan, keadilan, dan kemanusiaan. Momen lebaran di dalam penjara bukanlah hambatan untuk menyatukan hati dan merayakan kebahagiaan bersama, sebagai bukti bahwa semangat kebersamaan bisa mengatasi segala keterbatasan.

Continue Reading

Trending