Connect with us

Metro

Perkumpulan Telapak Akan Melakukan Kajian Sosial Operasional Tambang dan Hillirisasi Nikel Nasional

Published

on

Jakarta, 8 September 2023 – Perkumpulan Telapak, sebuah NGO di bidang pelestarian lingkungan, telah mengumumkan sebuah inisiatif besar dalam upaya memastikan keberlanjutan dan kepatuhan lingkungan di industri pertambangan nikel. Perkumpulan Telapak akan segera melaksanakan kajian sosial independen terhadap lima perusahaan nikel besar di Indonesia.

Industri nikel telah menjadi topik hangat akhir-akhir ini, dengan meningkatnya kekhawatiran masyarakat dan pihak berkepentingan mengenai dampak kegiatan tambang dan hilirisasi industri nikel. Kekhawatiran seperti buruknya pengelolaan limbah, potensi pencemaran, hingga konsumsi bahan bakar fosil tinggi, menjadi sebagian pertanyaan masyarakat kepada perusahaan nikel. Perkumpulan Telapak mengambil langkah proaktif untuk mengevaluasi praktik lingkungan dan komitmen pelestarian sumber daya alam dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sektor ini.

Kajian sosial ini berusaha menjawab berbagai pertanyaan kunci seputar komitmen perusahaan terhadap pelestarian lingkungan, serta dampak sosial operasional tambang pada kawasan sekitar konsesi pertambangan. Sekaligus, menawarkan serangkaian saran praktis yang dapat ditindaklanjuti dan diterapkan oleh perusahaan. Perkumpulan Telapak sudah mengirim surat permintaan pelaksanaan kajian sosial kepada lima (5) perusahaan nikel besar di Indonesia berikut:

1. PT. Vale Indonesia Tbk.

2. PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)

3.  PT. GAG Nikel

4. PT. Makmur Lestari Primatama (MLP)

5. PT. Trimegah Bangun Persada (TBP) Tbk.

Kajian sosial ini akan dilakukan oleh dari tim dari Perkumpulan Telapak, yang memiliki pengalaman dan kompetensi dalam bidang lingkungan dan sosial. Tim ini akan mengunjungi lokasi pertambangan dan pabrik pengolahan nikel milik perusahaan-perusahaan tersebut, serta melakukan pengambilan data melalui wawancara hingga dokumentasi aktivitas operasi pertambangan.

Perwakilan dari Perkumpulan Telapak Muhamad Djufryhard, menyampaikan, “Kami berkomitmen untuk menjaga dan melindungi lingkungan alam Indonesia yang kaya. Kajian sosial ini adalah langkah penting dalam menilai dampak industri pertambangan nikel terhadap ekosistem kita. Kami berharap hasil kajian sosial ini akan memberikan pandangan yang komprehensif kepada masyarakat dan pihak berkepentingan mengenai akuntabilitas serta transparansi praktik pelestarian lingkungan perusahaan-perusahaan nikel besar di Indonesia.”

Proses kajian sosial akan berlangsung dalam beberapa minggu ke depan dan hasilnya akan dipublikasikan dalam bentuk laporan serta dokumentasi yang berisi temuan, rekomendasi, dan saran perbaikan. Laporan ini juga akan disebarkan kepada media massa melalui konferensi pers lanjutan.

Perkumpulan Telapak berharap kajian sosial ini dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan-perusahaan nikel di Indonesia, serta mendorong mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Tentang Perkumpulan Telapak Indonesia

Perkumpulan Telapak Indonesia atau biasa disebut Telapak adalah sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat. Telapak bekerja bersama dengan masyarakat adat, petani, dan nelayan di Indonesia hingga terwujudnya kedaulatan dan kehidupan yang bermartabat dan berkelanjutan. Salah satu misi utama Telapak adalah memimpin perubahan menuju kerakyatan dan kelestarian. Informasi mengenai Telapak dapat dijumpai pada website www.telapak.org

Continue Reading

Metro

Titik Wijayanti SE Anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo Hadiri Semarak Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB

Published

on

By

Jakarta – Titik Wijayanti SE anggota dari DPRD Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menghadiri Hari Lahir (Harlah) ke 26 dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas ) PKB bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Titik Wijayanti, SE, kepada awak media mengatakan harapannya di Harlah PKB ke 26 ini.

“PKB pada perhelatan pilkada serentak tetap solid, PKB makin eksis serta menambah Parliamentary Threshold (syarat perolehan suara partai politik untuk diikutkan dalam penentuan kursi di DPR) di kancah perpolitikan, serta Insya Allah menang Pilkada 2024 nanti,” katanya dengan ramah.

 

Titik Wijayanti, SE, merupakan anggota DPRD Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta dan tahun ini masuk ke 3 periode. Sosoknya yang ramah dan rendah hati yang membuat orang lain menyukainya.

 

Harlah PKB Ke-26 ini turut dimeriahkan oleh artis Happy Asmara dan Maliq & D’Essentials serta DPD dan DPC PKB seluruh Indonesia dan tamu undangan juga turut hadir.

Continue Reading

Metro

Iqrar Risyad Nasution SE Anggota DPRD Terpilih dari PKB Hadiri Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB

Published

on

By

Jakarta – Iqrar Risyad Nasution, SE, sebagai anggota DPRD terpilih Kabupaten Tangerang dari PKB menghadiri Hari Lahir (Harlah) Ke 26 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertempat di Jakarta Convention Center, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Kepada awak media Iqrar Risyad Nasution mengucapkan selamat kepada PKB.

“Saya ucapkan selamat pada harlah PKB ke 26 tahun, semakin merakyat serta bermanfaat pada masyarakat agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat dengan mengakomodir kepentingan masyarakat,” katanya dengan semangat.

 

Harlah PKB ke 26 dimeriahkan hiburan dari artis Happy Asmara serta Maliq D’ Essentials, tamu undangan, DPC dan DPD PKB seluruh Indonesia.

Continue Reading

Metro

Tubagus Lukman Amin Hadiri Harlah Ke 26 dan Mukernas PKB di JCC Senayan Jakarta

Published

on

By

Jakarta – Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya periode 2024-2029 juga anggota DPRD Kota Surabaya, Tubagus Lukman Amin, menghadiri Hari Lahir (Harlah) PKB Ke 26 dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Juli 2024.

 

Awak media berkesempatan mewawancarai Tubagus Lukman Amin dan mengatakan bahwa PKB luar biasa.

“PKB sangat luar biasa, semoga lebih besar lagi, juga Ketua Umum sosok yang luar biasa, harapannya kedepan saat ini PKB sebagai partai papan tengah semoga menjadi partai papan atas,” katanya dengan semangat.

 

Semua kader baik yang DPR, DPRD, sambungnya, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Semoga Ketua Umum Cak Imin kedepan menjadi Presiden Indonesia. Berharap pula agar seluruh pilkada di daerah PKB menang,” ujarnya.

 

Kemeriahan dan kegembiraan menjadi satu pada Harlah PKB kali ini juga turut dimeriahkan oleh artis Happy Asmara dan Maliq D’ Essentials juga tamu undangan serta DPC dan DPD PKB seluruh Indonesia.

Continue Reading

Trending