Connect with us

TNI / Polri

Perkenalkan Kapal Perang Teluk Palu-523 Kepada Pelajar, Ini Harapan Danlanal Lhokseumawe

Published

on

TNI AL, Lhokseumawe,- Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe buka Open Ship Kapal Republik Indonesia (KRI) Teluk Palu-523 di yang saat ini sedang berlabuh di Pelabuhan Krueng Geukueh, Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Sabtu (27/01/2024).

Dalam kegiatan Open Ship di KRI Teluk Palu-523, sebanyak 118 pelajar yang terdiri dari Siswa/Siswi SMA SMKN 1 Muara Batu, SMKN 6 Lhokseumawe, dan pelajar dari MTS Darul Ma’rifah Banda Baroeh, berkesempatan untuk masuk dan melihat secara dekat Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL diatas kapal tersebut.

Kunjungan dari 3 sekolah ke KRI Teluk Palu-523 tersebut adalah untuk mengenalkan mereka tentang Kapal Perang yang dimiliki Negara kita.

Selain itu juga untuk memberikan wawasan bagi para siswa-siswi bahwa di dalam kapal perang terdapat berbagai macam teknologi canggih yang meliputi, Sensor/Deteksi, Weapon/Senjata, dan Command/Perintah (SEWACO).

Oleh karena itu, dibutuhkan prajurit handal untuk mengawaki dan pentingnya disiplin serta tanggung jawab dalam memikul tugas yang negara berikan pada sebuah Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto bersama Komandan KRI Letkol Laut (P) Ardian Widjakarto D., M.Tr.Opsla., mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi para pelajar menjadi prajurit penjaga NKRI dan memahami tentang kemaritiman.

Harapan Danlanal Lhokseumawe, melalui kegiatan Open Ship KRI Teluk Palu-523 hari ini dapat membangkitkan semangat dan keinginan generasi muda di Aceh Utara dan Lhokseumawe untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut dan ikut serta membangun Indonesia dalam bidang kemaritiman.

“Itulah harapan kita, semoga kegiatan ini bisa menjaring keinginan para pelajar di Kabupaten Aceh Utara dan Lhokseumawe untuk ikut bergabung dan mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara melalui TNI AL,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan KRI Letkol Laut (P) Ardian Widjakarto menyampaikan rasa bangganya dengan kehadiran para pelajar diatas KRI Teluk Palu-532.

“Saya bangga, karena para pelajar di wilayah teritorial Lanal Lhokseumawe ini begitu antusias datang diatas kapal ini untuk mengenal dan melihat secara dekat Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL diatas KRI Teluk Palu-532 ini,” ucapnya.

Disela-sela kegiatan, Junaidi Syahputra salah satu siswa mengaku sangat senang bisa naik dan melihat secara dekat apa saja vang dimiliki TNI AL, baik itu sistim lamatannya, persenjataannya dan lain-lain.

“Nah, ketika melihat secara dekat dan mengetahui Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL diatas kapal tersebut, saya berkeinginan untuk menjadi seorang TNI AL,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar diijinkan masuk dan melihat secara dekat Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL diatas kapal perang tersebut.

Adapun pengetahuan dan pengenalan yang diberikan oleh Prajurit KRI Teluk Palu-532 dalam kegiatan tersebut meliputi, pengenalan ruangan-ruangan kapal, anjungan kapal, hellypad, dan persenjataan yang menjadi bagian dari Alutsista TNI AL.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Continue Reading

TNI / Polri

Komandan Lanal Sabang Pimpin Serah Terima Jabatan Komandan KAL Iboih I-1-71

Published

on

By

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., memimpin Serah Terima Jabatan Komandan KAL Iboih I-1-71 Lanal Sabang dari Kapten Laut (P) Surya Darma kepada Kapten Laut (P) Wahyu Hidayat, bertempat di Lounge Room Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Kamis (18/04/2024).

 

Komandan Lanal Sabang dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Dankal Iboih I-1-71 kepada Kapten Laut (P) Surya Darma, serta selamat bertugas ditempat yang baru semoga dapat terus meraih kesuksesan. Ucapan selamat juga disampaikan kepada Komandan KAL Iboih I-1-71 yang baru Kapten  Laut (P) Wahyu Hidayat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI AL, pertahankan prestasi yang telah dirintis pendahulu, dan tingkatkan serta kembangkan kreatifitas dalam memberikan karya terbaik untuk TNI AL, Lanal Sabang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Perwira Staf serta Personel Militer dan PNS Lanal Sabang.

 

(Pen Lanal Sabang)

Continue Reading

TNI / Polri

Wadan Lantamal I Laksanakan Ziarah Dalam Rangka Hari Jadi Ke-76 Provinsi Sumatera Utara

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T.,

melaksanakan Ziarah ke Makam Mantan Gubernur, hingga Pahlawan Sumut, dipimpin oleh Pejabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/4/2024).

 

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sumut menyampaikan bahwa ziarah ke makam-makam pemimpin terdahulu Sumut, untuk mengenang jasa para Pahlawan terdahulu kita dan mendoakannya, diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam membangun Sumut.

 

Turut hadir dalam kegitan tersebut, Pangdam I/BB M Hasan Hasibuan, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, serta unsur Forkopimda lainnya, OPD Pemprov Sumut, serta Tokoh Masyarakat.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

TNI / Polri

Dansatrol Lantamal I Pimpin Sertijab Komandan KAL BOA I-1-02

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Lantamal I Letkol Laut (P) Ristanto Putro, M.Tr., Opsla., memimpin Serah Terima Jabatan Komandan KAL BOA I-1-02, dari Kapten Laut (P) Edufree Hutabarat kepada Kapten Laut (P) Fernandes, S.H., bertempat di Gedung Serba Guna Satrol Lantamal I, Jalan Bengkalis No. 01 Belawan, Sumatera Utara, Rabu (17/4/2024).

 

Dansatrol Lantamal I dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas kerja sama dan pengabdiannya kepada Kapten Laut (P) Edufree Hutabarat, serta selamat bertugas di tempat yang baru, semoga dapat terus meraih kesuksesan. Ucapan selamat juga disampaikan kepada Komandan KAL BOA I-1-02  yang baru, Kapten  Laut (P) Fernandes, S.H., atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin TNI AL, pertahankan prestasi yang telah dirintis pendahulu, dan tingkatkan serta kembangkan kreatifitas dalam memberikan karya terbaik untuk TNI AL khususnya Lantamal I.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Komandan KRI, ABK KRI, serta Personel Militer dan PNS  Satrol Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending