Connect with us

TNI / Polri

63 Tahun Pengabdian Kostrad, Panglima TNI dan Kasad Hadirkan Sesepuh Prajurit Cakra

Published

on

JAKARTA, – Peringati 63 Tahun Pengabdian Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menghadirkan para sesepuh Kostrad dalam acara syukuran bersama dengan para prajurit “Cakra”, di Beach City Mall, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (6/3/2024).

Selain Panglima TNI, tampak hadir dalam acara tersebut, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, yang juga selaku warga kehormatan Kostrad, para mantan Panglima Kostrad dan Kaskostrad dari masa ke masa, dan para Prajurit Cakra.

Kegiatan yang mengangkat tema “Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI” itu juga digelar secara daring melalui video conference, yang diikuti seluruh jajaran Divif 1, 2, dan 3 Kostrad, serta satuan Kostrad yang sedang melaksanakan penugasan baik di dalam maupun luar negeri.

Acara diawali dengan tayangan Lintasan Sejarah Darma Bakti Kostrad, dilanjutkan dengan sambutan Jenderal TNI (Purn) Wiranto sebagai perwakilan para sesepuh Kostrad yang hadir disana. Dimana ia menyampaikan rasa bangganya atas peningkatan dan pencapaian Kostrad dari masa ke masa.

“Saya bangga setelah melihat film dokumenter mengenai prestasi Darma Bakti Kostrad yang luar biasa. Dari masa ke masa tidak pernah kendur, tidak pernah kehilangan semangat, serta selalu berhasil menjalankan tugas dan misi kenegaraan,” ujarnya mengapresiasi.

Mantan Pangkostrad ke-20 itu juga tak lupa berpesan agar Kostrad dapat terus memelihara kebanggaan dan kehormatan satuan, yang menurutnya menjadi faktor penting keberhasilan Kostrad dalam mengemban tugas yang diberikan negara.

Sementara itu, Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengungkap bahwa tema yang diangkat dalam HUT kali ini, menandakan bahwa prajurit Kostrad berkomitmen menunjukkan sikap dan kesiapannya dalam menyongsong tugas dimanapun, bagaimanapun dan dalam keadaan apapun.

“Peringatan HUT ke-63 Kostrad ini juga menjadi momentum penting untuk evaluasi, serta mengenang pencapaian-pencapaian gemilang yang telah diraih. Sekaligus sebagai ajang membangkitkan semangat juang dan motivasi dalam menghadapi tantangan tugas sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan keamanan bangsa, serta semakin berkembang dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang,” tandasnya.
*(Dispenad)*

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Dumai Terima Kunjungan Tim Supervisi Matsus dan Sandi di Mako Lanal Dumai

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Dalam rangka Peninjauan dan Pemutakhiran Peralatan Material Khusus, Penerangan dan Material Sandi, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel menerima kunjungan Tim Supervisi Matsus Intel dan Matsandi, Paban VI/Binteknointel Sintelal Mabesal  Kolonel Laut (E) Yusrizal dan  Pabandya Harbangmattekintel Ban VI Sintelal Mabesal Letkol Laut (T) Muhammad Akbar, bertempat di Lounge Room Mako Lanal Dumai, Jalan Yos Soedarso No. 1 Dumai, Kamis (16/05/2024).

 

Dalam kegiatan tersebut, Danlanal Dumai menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Supervisi, dilanjutkan paparan terkait  Matsus dan permasalahan yang menonjol di wilayah kerja Lanal Dumai disampaikan oleh Pasintel Lanal Dumai Mayor Laut (S) Memor Dimas  Wonda. Tim Supervisi juga melaksanakan peninjauan langsung kondisi material khusus yang dimiliki Lanal Dumai.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H., Paspotmar Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Efendi Samosir, Dandenpomal Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Syaparudin, Danunit Intel Lanal Dumai Kapten Laut (P) Risky H.P Pasaribu.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Bintan Bekali Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Kepada Organisasi Kepemudaan di Bintan

Published

on

By

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Aula Hotel De Bintan Villa, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., memberikan Materi Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Kepada OKP (Organisasi Kepemudaan) dan Ormas Kabupaten Bintan, Kamis (16/05/2024).

 

Wawasan Kebangsaan adalah pemahaman mendalam mengenai identitas, sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa. Hal ini melibatkan kesadaran akan persatuan, keragaman, dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat menjadi landasan penting dalam membangun identitas nasional yang kokoh. Dalam konteks Indonesia, wawasan kebangsaan mengacu pada pemahaman mendalam tentang sejarah perjuangan bangsa, nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai negara yang beragam.

 

Pada penyampaian tersebut, Danlanal Bintan mengingatkan kepada seluruh peserta yang menekankan bahwa kedisiplinan penting bagi kita semua yang bertujuan untuk mendukung perilaku positif, menyesuaikan diri, dan mendisiplinkan kebiasaan baik untuk meningkatkan proses menjalani kehidupan sehari-hari. Sedangkan materi wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air, menanamkan rasa memiliki bangsa dan negara demi tegak dan kokohnya NKRI.

 

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemuda merupakan komponen intelektual pembangunan nasional segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, hukum, agama, dan budaya, diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan semangat persatuan dan kesatuan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tumbuh insan-insan yang mampu tampil percaya diri sehingga dapat menghadapi tantangan globalisasi yang semakin kompleks dan mampu berkiprah dalam menghadapi dunia kerja dan bermasyarakat yang baik serta bisa menjadi contoh dan diri tauldan bagi generasi berikutnya.

 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispora Kabupaten Bintan Alfeni Harmi, S.STP., M.H., Kabid Pemuda Muhammad Rijwan Riobara, S.STP., M.Si., Para Kasi di Bidang Kepemudaan dan Staf Kepemudaan, serta Para Peserta dari OKP. Acara diakhiri dengan foto bersama.

 

(Pen Lanal Bintan)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Simeulue Ikuti Fokus Group Discussion (FGD) Koarmada RI Tahun 2024 Melalui Vicon

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana S.T., M.T., M.Tr. Opsla., mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Koarmada RI dipimpin oleh Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., melalui Vicon dengan tema “Konsep Bertempur Matra Laut” yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 14-15 Mei 2024, bertempat di Gedung Satkom Mako Lanal Simeulue, Rabu (15/05/2024).

 

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar dapat fokus terhadap persoalan yang dibahas dan dapat menjadi langkah awal peningkatan potensi  Pertahanan Laut Nusantara yang handal dengan SDM Nasional guna Operasi Militer Perang (OMP) serta dapat mewujudkannya dalam Program Kerja Pembangunan Kekuatan Armada RI demi menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Turut mendampingi pada kegiatan tersebut, Pasintel Lanal Simeulue Kapten Laut (P) Amir Husin Lubis.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

Trending