Connect with us

nasional

Pembinaan Kedisiplinan, Langkah Awal Perbaikan Diri Warga Binaan Rutan Cipinang Semangat Ikuti Training Batch Bimgiat Ke- 17

Published

on

Jakarta – Bimbingan Kegiatan (Bimgiat) Rutan Kelas I Cipinang menggelar Pelatihan dan Kemandirian bagi warga binaan yang di kemas dengan kegiatan Training Batch yang ke- 17, kegiatan tersebut dilaksanakan selama 5 hari  yang dibimbing oleh Pembina dari Petugas Bimgiat Rutan Kelas Cipinang, Jumat (8/3).

 

Pembukaan Batch ke-17 ini dimulai dengan Samapta, di mana peserta diberi kesempatan untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Di bawah bimbingan Hanif Amdan, para peserta menjalani sesi Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai latihan fisik untuk menanamkan sikap disiplin yang diperlukan.

 

Setelah menyelesaikan sesi PBB, peserta langsung terlibat dalam serangkaian games yang dirancang untuk melatih fokus, konsentrasi, serta kerjasama tim. Melalui pembentukan grup, peserta diberi kesempatan untuk mengasah kreativitas dan memperkuat kolaborasi dalam tim. Suasana penuh semangat dan antusiasme menghiasi hari pertama ini.

 

Kegiatan Batch 17 Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang dibuka oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang diwakili oleh Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf dihadiri juga oleh Kepala Pengamanan Rutan, Febrian Sony Budiharjo serta Jajaran Staf Pembina Bimgiat.

 

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Alif Akbar Yusuf mengatakan kegiatan seperti ini tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memberikan ruang bagi partisipasi semua pihak, termasuk warga binaan, untuk berkontribusi.

 

“Hal ini mencerminkan semangat untuk berubah dan memperbaiki diri, serta harapan bahwa kesempatan kedua ini dapat dimanfaatkan dengan baik saat menjalani kehidupan di dalam maupun diluar Rutan Kelas I Cipinang setelah selesai masa hukuman telah berakhir,” ucapnya.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan Panel Discussion yang dinarasumberi oleh Bapak Gerhand dari yayasan dan Bapak Richo dari Staf Pembina Bimgiat. Mereka membahas topik-topik yang relevan dengan pengalaman dan kebutuhan peserta, memberikan wawasan tambahan dan inspirasi bagi mereka.

 

Dalam Training Batch ini juga diisi dengan kegiatan pemberian materi oleh Bapak F. Sony Budiharjo tentang tata tertib di Rutan Kelas I Cipinang, Bapak Wais Alkorni tentang perilaku dan Bapak Hafidz Syahril tentang karakter building yang diharapkan materi tersebut dapat dipahami oleh semua peserta Batch 17.

 

Pada hari terakhir Batch 17 ditutup oleh Kasubsi Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang, Irvan Fahrudin yang kemudian dilanjutkan dengan penyematan ID Card Keanggotaan Bimgiat Rutan Kelas I Cipinang sebagai tanda lulusnya peserta Training Batch ke-17.

 

Dengan demikian, acara Training Batch 17 tidak hanya sekedar serangkaian materi, tetapi juga merupakan sarana untuk membuka peluang baru dan memperkuat komitmen bersama dalam proses reintegrasi sosial. “Ini adalah langkah nyata dalam memberikan kesempatan kedua bagi warga binaan untuk memperbaiki diri dan mengambil peran yang lebih positif ketika mereka kembali ke masyarakat nantinya,” tutupnya.

Continue Reading

nasional

Jumat Berbagi: Rutan Cipinang Saling Berbagi Harapan dan Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu

Published

on

By

Jakarta – Dalam Islam, menyantuni anak yatim piatu merupakan amalan yang sangat mulia dan dianjurkan. Selain mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, menyantuni anak yatim juga dapat memberikan harapan, kebahagiaan serta mendapatkan perlindungan.

 

Untuk itu, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang kembali melaksanakan kegiatan Jumat Berbagi dengan Doa Bersama dan menyantuni anak yatim dari Yayasan Nurul Ihsan Pondok Bambu, Jumat (19/7).

 

Kegiatan yang penuh dengan kehangatan dan kebersamaan ini dihadiri langsung oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang di wakili oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Cipinang, Febrian Sony. kegiatan doa bersama ini dilaksanakan juga dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan memohon keberkahan, perlindungan, keselamatan dalam menjalankan tugas.

 

“Kami mohon doa. Mudah-mudahan keluarga besar Rutan Cipinang diberi keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan tugas sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan warga binaan secara maksimal,” kata KPR

 

Febrian Sony juga berharap dengan dilaksanakan kegiatan doa bersama ini dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan jajaran petugas Rutan Cipinang serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

 

Sementara itu Ketua Yayasan Nurul Ihsan Pondo Bambu mengucapkan terimakasih atas undangan doa bersama dari Rutan Cipinang. “Terima kasih atas undangan doa bersama ini,  Kami bersama para santri mengucapkan terima kasih atas niat baik bapak ibu semuanya, Semoga apa yang diharapkan atau dicita-citakan dalam doa bersama ini dikabulkan dan diberi keberkahan oleh Allah SWT,” ucapnya.

 

Sementara itu ditempat yang berbeda Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menekankan pentingnya kegiatan sosial seperti ini untuk membangun rasa empati dan kepedulian di kalangan petugas rutan dan masyarakat. “Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli dan berbagi dengan sesama, terutama dengan anak-anak yang membutuhkan dukungan kita,” ujar Sukarno Ali

 

Kegiatan Jumat Berbagi di Panti Asuhan Nurul Ihsan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara petugas dan anak anak yatim panti asuhan. Momen ini menandai komitmen Rutan Kelas I Cipinang untuk terus berperan aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Continue Reading

nasional

Senam Rutin Pegawai Rutan Cipinang: Meningkatkan Kebugaran dan Semangat Kerja

Published

on

By

Jakarta – Setiap hari Jumat pagi, pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang, dengan antusias mengikuti kegiatan senam bersama. Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin sebagai bagian dari upaya meningkatkan kebugaran dan semangat kerja para pegawai. Jum’at (19/07/2024).

 

Senam ini dipandu oleh instruktur berpengalaman yang didatangkan khusus untuk memastikan gerakan yang dilakukan tepat dan efektif. Para pegawai mengikuti berbagai gerakan senam yang dirancang untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan fisik.

 

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali menyampaikan “Kami sangat senang dengan adanya kegiatan senam rutin ini. Selain membuat tubuh lebih bugar, semangat kerja kami juga meningkat.”

 

Kegiatan senam ini dimulai pukul 8 pagi setelah apel dan berlangsung selama satu jam. Semua pegawai, mulai dari pejabat struktural hingga staf-staf, berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Setelah senam, para pegawai melanjutkan aktivitas kerja dengan tubuh yang lebih segar dan bugar.

 

Dengan adanya program senam rutin ini, Sukarno Ali berharap dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat dan produktif bagi seluruh pegawainya.

Continue Reading

nasional

Rutan Cipinang Hadirkan Ruang Bermain Anak dan Fasilitas Inklusif untuk Pengunjung

Published

on

By

Jakarta – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang tak henti-hentinya memberikan pelayanan kepada warga binaan dan keluarga. Kali ini, Rutan Cipinang menghadirkan ruang bermain anak untuk kenyamanan kunjungan keluarga warga binaan, Kamis (18/7).

 

Ruang bermain anak ini tercipta karena inisiasi dari Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali yang memprioritaskan pelayanan ramah anak sesuai dengan standar Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM). Karutan mengambil langkah ini sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik, yang tidak hanya mencakup keamanan dan tata tertib, tetapi juga kenyamanan dan keceriaan bagi setiap pengunjung, terutama anak-anak.

 

Ruang bermain anak ini dilengkapi dengan beragam mainan yang menarik dan aman bagi anak-anak. Dari perosotan anak-anak, boneka hingga mobil-mobilan, setiap mainan dipilih dengan cermat untuk memastikan keselamatan dan kepuasan anak-anak yang mengunjungi Rutan Cipinang. Ruangan ini juga dirancang dengan perhatian khusus terhadap keamanan dan kenyamanan anak-anak.

 

Menurut Kepala Rutan, keberadaan ruang bermain anak di Rutan Cipinang ini memberikan solusi yang nyaman bagi keluarga yang berkunjung, terutama bagi anak-anak yang sering kali merasa bosan atau tidak nyaman saat menunggu.

 

Mereka dapat menikmati waktu mereka dengan bermain-main sambil menunggu proses kunjungan selesai, tanpa merasa terbatas atau tidak terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan. “Jadi kita buatlah taman untuk anak-anak yang ramah anak. Ada fasilitas yang kita sediakan walaupun sederhana,” ungkapnya

 

Di samping ruang bermain anak yang menyenangkan, Rutan Cipinang juga dilengkapi dengan ruang laktasi yang nyaman, kursi prioritas untuk pengunjung dengan kebutuhan khusus serta toilet yang ramah penyandang disabilitas dengan handrail, semua fasilitas ini mencerminkan komitmen Rutan Cipinang dalam memberikan pelayanan kunjungan yang nyaman dan inklusif.

 

“Inovasi ini tidak hanya memberikan kenyamanan tambahan bagi pengunjung, tetapi juga menunjukkan komitmen Rutan Cipinang untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan juga menegaskan bahwa Rutan Cipinang terus berupaya menjadi yang terbaik dalam penerapan Pelayanan Publik Berbasis HAM,” tutup Kepala Rutan

Continue Reading

Trending