Connect with us

TNI / Polri

Melalui Festival Islam Kepulauan di Den Haag, Kopontren Al Amin Dumai Promosikan Produk Olahan Sawit

Published

on

Den Haag, Belanda 18-19 Mei 2024,– Pondok Pesantren Al Amin Dumai melalui berbagai unit usahanya sebagai Koperasi Produsen Kopontren Al Amin yang berdiri sejak 2010 mempromosikan produk olahan sawit diajang Festival Islam Kepulauan di Den Haag, Belanda pada 18-19 Mei 2024. Festival bergengsi yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Belanda, mengambil tema “The Voices of Archipelago” 2024.

 

“Kami hadir ini dalam rangka mengangkat citra produk santripreneur sawit dengan mengenalkan produk-produk di tingkat internasional dan membuka peluang kerjasama pemasaran. Intinya kalau kalau di pesantren, istilahnya menjalin silaturahmi,” ujar KH. W Zainal Abidin Ketua Kopontren Al Amin Dumai.

 

Selama berada di Den Haag, Kopontren Al Amin Dumai mendapatkan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk mengikuti Festival Islam Kepulauan. KH. W Zainal Abidin mengapresiasi dukungan BPDPKS sehingga delegasi  Kopontren Al Amin Dumai dapat mengikuti kegiatan tersebut untuk mempromosikan produk turunan dan kerajinan sawit seperti lidi sawit, makanan, batik sawit, aneka sabun dan kosmetik, tas, dan kerajinan tangan lainnya dari limbah sawit.

 

“Jadi selama pameran berlangsung pada 18-19 Mei 2024, produk Santripreneur sawit ikut menyemarakkan di puncak acara tersebut. Lalu ada doorprize bagi pengunjung disela-sela diskusi dan penampilan penampilan tarian daerah, sholawat dengan hadroh dan kegiatan lain-lain yang menunjukkan ciri khas Islam di Nusantara,” urai KH. W Zainal Abidin.

 

Plt. Direktur Kemitraan BPDPKS Kabul Wijayanto mendukung kehadiran Kopontren Al Amin Dumai selama Festival Islam Kepulauan karena memberikan manfaat positif yang tidak hanya dirasakan oleh Ponpes Al Amin Dumai juga termasuk Santripreuner.

 

“Selain itu, festival ini diharapkan mampu memberikan kemajuan dan pengembangan UKMK Kelapa Sawit pada khsususnya dan penguatan hilirisasi kelapa sawit pada umumnya, yang berguna bagi perekonomian negara Indonesia tercinta,” ujar Kabul Wijayanto melalui sambungan telepon menjelang keberangkatan KH. W. Zainal Abidin Ketua Kopontren Al Amin Dumai dan Kyai Jamzuri Pesantren Mitra dari Pesantren Azam Insan Darussalam (Yazid) Rokan Hulu Riau yang menjabat Ketua Bidang Pengembangan Santripreneur Sawit Kopontren Al Amin.

 

Kabul menambahkan, ”Semoga ada tindak lanjut dan produk Santripreuner Sawit berbahan Sawit maupun Turunan Sawit Kopontren Al Amin Dumai dapat diterima, dipasarkan, diminati dan dibeli, sekaligus sebagai kampanye sawit baik, untuk menaikkan citra positif kelapa sawit dan keberterimaanya di negara Belanda. Pernyataan ini disampaikannya saat dikirimi video kegiatan pameran berupa ucapan terima kasih atas kehadiran Ponpes Al Amin dengan dukungan BPDPKS dari pihak Panitia yang diwakili Gus Dawam dari jajaran Anshor NU Belanda.

 

Selama di Belanda, Tim Santripreneur Sawit Al Amin Dumai menggunakan penutup kepala khas Melayu bernama Tanjak yang merupakan khas budaya  daerah melayu Riau Islam Kepulauan Titipan Walikota Dumai. Pada kesempatan tersebut langsung disematkan 4 Tanjak kepada Ketua Syuriah PCI NU Belanda KH. Nur Hasyim, Koordinator Fungsi Politik Febrizki Bagja Mukti dari KBRI Den Haag Belanda mewakili Atase Perdagangan Ibu Annisa Hapsari yang berhalangan hadir, Ketua Tanfidziyah PCI NU Belanda Kyai Nur Ahmad dan Ketua Panitia Briyan. Pemasangan tanjak juga diberikan kepada Gus Sabrang yang ikut mengisi panggung di hari akhir kegiatan Festival tersebut di depan booth santripreneur.

 

Royhan Nevy Wahab Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Den Haag Belanda yang berkunjung ke Booth Santripreneur Sawit Al Amin Dumai melihat potensi besar di produk-produk sawit. Selanjutnya, ada rekomendasi supaya beberapa produk yang butuh ijin khusus, selain punya standar ijin Indonesia agar mendapatkan pendampingan dari PUM terkait standar produk yang bisa masuk dan beredar di Belanda dan Eropa. Hal ini dijelaskan oleh KH. W Zainal Abidin terkait informasi dan perkembangan selama kegiatan pameran.

 

Pengurus PCI NU Belanda Kyai Nur Hasyim menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Santripreneur Sawit Kopontren Al Amin Dumai ikut menyemarakkan acara Festival Islam Kepulauan beserta aneka produknya yang sangat menarik dan bagus serta menjadi daya tarik bagi pengunjung.

 

Koordinator Fungsi Politik Bapak Febrizki Bagja Mukti dari KBRI Den Haag sangat senang dan bahagia mendapatkan buku Mitos Vs Fakta Sawit terkait Sawit dalam 2 bahasa, Indonesia dan Inggris, serta memberikan apresiasi luar biasa kepada Kopontren Al Amin Dumai dan kepada BPDPKS.

 

“Buku Mitos vs Fakta Sawit ini bisa menjadi referensi bagi pihak KBRI Den Haag di Belanda dalam menjawab black campaign terhadap produk sawit Indonesia,” ujarnya.

 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan kerjasama Kopontren Al Amin Dumai dengan Anshor PCI NU Belanda untuk ikut membantu mempromosikan produk Kopontren Al Amin Dumai di tengah-tengah masyarakat di Belanda.

 

“Semangat kita Santripreneur Sawit Kopontren Al Amin Dumai terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Contoh dalam persiapan keberangkatan kita ke Belanda kemarin kita juga mendapatkan dukungan selain dari BPDPKS. Lalu adapula dukungan dari Pertamina RU II Dumai, Danlanal Dumai, tokoh masyarakat dan BSI dalam menyiapkan beberapa hal mendukung pengurusan keberangkatan kita. Tidak ketinggalan juga koordinasi serta silaturahmi bersama pihak pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan mulai tingkat daerah, wilayah dan Pusat,” kata KH. W. Zainal Abidin .

 

Menurutnya, dalam setiap silaturahmi dan kegiatan terus dikampanyekan sawit sebagai Pilar Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan.”Oleh karena itu sangat diperlukan Kreatif, Kerja Keras dan Disiplin menjadikan Sawit Zero Waste, sehingga menjadikan fungsi Limbah Sawit Membawa Berkah Menuju Mandiri Pupuk dan Pangan Sehat, sebagai upaya mengangkat citra Indonesia, Islam Kepulauan dimata dunia.” demikian penyampaian penutup Kyai Zainal saat diwawancarai.

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Dumai Resmikan Gedung Baru Pos TNI AL Selatpanjang

Published

on

By

TNI AL, Dumai,- Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Boy Yopi Hamel didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJA I Ny. Gressy Hamel, resmikan Gedung Baru Pos TNI AL Selatpanjang yang berlokasi di Jalan Dorak Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (24/7/2024).

 

Kunjungan Kerja Danlanal Dumai kali ini selain untuk menjalin silaturrahmi kepada Pemerintah Daerah dan Forkopimda di Kabupaten Kepulauan Meranti juga untuk melaksanakan peninjauan beberapa Pos TNI AL, salah satunya Posal Selatpanjang, sekaligus untuk melaksanakan peresmian Gedung Baru Posal Selatpanjang.

 

Posal Selatpanjang merupakan salah satu dari 10 Posal  dibawah jajaran Lanal Dumai yang sangat penting keberadaannya dalam menjaga dan menciptakan situasi aman dan kondusif di perairan wilayah kerja Lanal Dumai, khususnya Kepulauan Meranti.

 

Dalam sambutannya, Danlanal Dumai mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah memberikan lahan dan pembangunan Posal Selatpanjang, serta semua pihak yang telah mendukung acara peresmian Posal Selatpanjang, sehingga lebih representatif dalam mendukung tugas TNI AL di bidang kemaritiman.

 

“Atas nama Pimpinan TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Daerah dalam peresmian gedung Posal Selatpanjang, diharapkan keberadaan Posal Selatpanjang ini dapat menjadi mitra pemerintah dan instansi terkait lainnya dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kepulauan Meranti,” ujar Danlanal Dumai.

 

Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti berharap keberadaan Pos TNI AL didaerahnya dapat mewarnai persepsi masyarakat kepada TNI AL, oleh kerana itu Posal harus mampu memainkan peranan dan berkontribusi nyata memberikan manfaat kepada masyarakat, serta mampu mendukung dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pembangunan di daerah dalam konteks pembinaan potensi nasional kekuatan maritim, masalah laut serta pembinaan lainnya.

 

Acara Peresmian Gedung baru Posal Sepatpanjang diawali dengan Penandatanganan Prasasti oleh Danlanal Dumai disaksikan Pj. Bupati Meranti, kemudian dilanjutkan penekanan tombol peresmian gedung, yang didampingi oleh Dandim 0303 Bengkalis diwakili Lettu Arh Rikman Sinaga, Kapolres Kepulauan Meranti diwakili oleh Kabagren Polres Kabupaten Kepulauan Meranti Kompol Novia Indra, S.H., serta Ketua MK LAMR Kabupaten Kepulauan Meranti H. Darwis, S.Ag.

 

Turut hadir mendampingi Danlanal dalam prosesi peresmian gedung baru Posal Selatpanjang, Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (PM) Priatno, S.H., M.H., Paspotmar Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Efendi Samosir, Pasintel Lanal Dumai Mayor Laut (S) Memor Dimas Wonda, serta Pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab I DJA I.

 

(Pen Lanal Dumai)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlanal Simeulue Ikuti Safari Binkorps Pelaut TNI AL Tahun 2024 Secara Video Conference

Published

on

By

TNI AL, Simeulue,- Komandan Pangkalan TNI AL Simeulue Letkol Laut (P) Oyu Mulia Sukmana, S.T., M.T., M.Tr.Opsla., beserta Perwira Korps Pelaut Lanal Simeulue mengikuti kegiatan Safari Binkorps Pelaut TNI AL Tahun 2024 secara Video Conference (Vicon), bertempat di Gedung Malahayati Mako Lanal Simeulue, Rabu (24/07/2024).

 

Kegiatan diawali dengan pemberian materi oleh Asops Kasal dengan menekankan terkait tantangan Perwira Korps Pelaut dalam menjalankan penugasan serta Dinamika Banglingstra di Wilayah Barat Perairan Indonesia.

 

Kegiatan Pembinaan Korps Pelaut di jajaran Koarmada I yang dipimpin Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksda TNI Yayan Sofian dilaksanakan di Kolat Koarmada I dan dibuka oleh Panglima Koarmada I Laksda TNI Yoos Suryono Hadi.

 

Dalam sambutannya, Pangkoarmada I menjelaskan bahwa Safari Binkorps Pelaut TA. 2024 di Koarmada I pada hakikatnya merupakan bagian dari pembinaan personel sebagai implementasi fungsi komando guna membangun sumber daya manusia agar mampu menguasai semua aspek kepemimpinan khususnya kepelautan mulai dari aspek teknis, taktis operasi dan strategis yang peka dan responsif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi ciri-ciri serta Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk menjadikan TNI Angkatan Laut semakin handal dan berdaya guna.

 

Melalui pelaksanaan Safari Binkorps Pelaut ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh peserta yang hadir, utamanya dalam menyamakan persepsi dan keseragaman pola tindak dalam penyelenggaraan kepentingan Korps Pelaut sesuai kebijakan yang telah digariskan oleh pemimpin TNI Angkatan Laut.

 

(Pen Lanal Simeulue)

Continue Reading

TNI / Polri

Danlantamal I Hadiri Sertijab Danyonmarhanlan I

Published

on

By

TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., didampingi Ketua Korcab I DJA I Ny. Othy Jasiman Purba, menghadiri Upacara Pengambilan Sumpah dan Penandatanganan Pakta Integritas serta Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danyonmarhanlan I dari  Letkol Mar Irwan Abidin, M.Tr.Opsla., CBEI., kepada Mayor Mar Remon Dabukke, M.Tr. Opsla., dipimpin oleh  Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01 Belawan, Selasa (23/7/2024).

 

Danpasmar I dalam sambutanya menyampaikan bahwa serah terima jabatan dalam organisasi militer adalah hal yang wajar, merupakan bagian dari pembinaan personel yang dilakukan secara berkesinambungan dan selalu berjalan secara dinamis, sebagai bagian dari Tour of Duty dan Tour of Area. Selain itu juga diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi, dan output yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kinerja organisasi secara menyeluruh.

 

Yonmarhanlan I sebagai salah satu unsur pelaksana Pasmar 1, bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan Pangkalan dan menyelanggarakan tugas-tugas pengamanan Pangkalan, yang dalam operasionalnya dibawah tanggung jawab Danlantamal I.

 

Selesai Upacara dilanjutkan ramah tamah di Gedung OB Syaaf Mako Lantamal I.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Kota Medan, Pejabat Utama Pasmar I, Pejabat Utama Lantamal I, Kadis dan Kasatker Lantamal I, Pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab I Pasmar I, Instansi TNI-Polri dan Maritim Belawan, serta undangan lainnya.

 

(Dispen Lantamal I)

Continue Reading

Trending