Connect with us

Politik

Netralitas Tentara dan Polisi Jangan Ikut Kompetisi

Published

on

Jakarta – Perubahan suatu keharusan. Harapan publik akan perubahan. Ekpresi mereka yang disampaikan Amin Rais people power. Jangan kita bicara people power tapi state emergency tidak dibicarakan Kalau people power biasa dimiliki oposisi. State emergency dimiliki oleh negara kata Aktivis Kemanusiaan Natalius Pigai dalam diskusi Jaga Netralitas Tentara dan Polisi Jangan Ikut Kompetisi di Tebet Barat Dalam IV No 5-7, Tebet, Jakarta Selatan.Jum’at (5/4/2019).

Terkait netralitas Polri dalam Pemilu, Dia berpandangan sudah seharusnya Polri netral dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon. Sebab, kepolisian adalah institusi netral, tidak boleh melakukan intervensi.

Pigai menambahkan kan perintah Kapolri sudah jelas. Untuk itu, kalau sampai ada anggota Mabes Polri, Kapolda, Kapolres, Polres, Polsek lakukan pelanggaran, dengan mendukung calon tertentu, itu namanya insubordinasi terhadap perintah atasan,”

Ia pun meminta agar Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) untuk bertindak dengan memberi hukuman yang lebih berat.

“Ini extraordinary, karena mengganggu momentum Pemilu, dan demokrasi. Karena Pemilu simbol dari sebuah kegiatan yang merupakan cerminan dari sebuah bangsa. Jadi harus Kalau berjalan jujur dan adil,” ujar Natalius Pigai.

Ia meminta agar penegakan hukumnya dilakukan dengan cepat. Misalkan, pencopotan jabatan dan penurunan pangkat. Dengan demikian, akan muncul efek jera bagi polisi yang berat sebelah.

Natalisu Pigai curiga ada jenderal polisi bintang tiga dan dua yang bekerja di luar perintah Kapolri. Sebab, Kapolri jelas menyatakan netral. Kalau ada yang gerak di luar perintah, maka harus dicari tahu.

“Saya minta lakukan penyelidikan. Jangan-jangan ada yang bergerak di luar perintah,” imbuhnya.

Dirinya meminta masyarakat ikut berperan dengan mengabadikan, atau memotret kegiatan kalau ada Polisi mengarahkan rakyat dan anggota pada salah satu pasangan calon.

Ketika pimpinan Polri keluarkan perintah soal netralitas, rakyat Indonesia seperti diberi harapan, diberi angin segar. Namun, hilang setelah ada perintah Kapolres pada Kapolsek terkait dukungan kepada salah satu pasangan calon, di Pilpres 2019.

“Itu artinya ada yang bergerak di luar perintah. Perintah Mabes Polri itu perintah negara, maka kalau ada yang lakukan pelanggaran, harus segara diproses cepat. Cari tahu juga perintah ini keluar dari siapa?” ujarnya.

Kalau semua dikuatkan, semua akan bekerja profesional, dan tidak mungkin ada penegak hukum yang bisa digoda, maupun tergoda tawaran-tawaran,” beber dia.

Terkait isu Kepolisian akan berada di bawah Menteri Dalam Negeri, TNI, itu adalah opini sesat.

Maka penguatan kepolisian sangatlah penting. Kepolisian harus jadi institusi sendiri dan kuat pungkasnya.(hrt)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Politik

Amanat Indonesia: Jembatan Konstituensi PAN Mendukung Anies

Published

on

By

Jakarta – Dalam rangka menjembatani aspirasi konstituen PAN dalam pemilihan presiden, maka kami dari entitas PAN yang terdiri dari Para Pendiri/Deklarator PAN, Anggota DPR RI, Mantan Anggota DPR RI, Pimpinan/Pengurus, Kader & Simpatisan PAN, telah membentuk ANIES atau AMANAT INDONESIA di FJL Cafe kemang jakarta selatan. Kamis (17/11/2022) di Jakarta.

Amanat Indonesia adalah organisasi kerelawanan atau komunitas gerakan yang memperjuangkan Anies sebagai Presiden RI 2024.

Karena kami yakin dan percaya terhadap konsepsi kepemimpinan Anies sebagaimana yang telah ditunaikan dalam 1 període pemerintahan sebagai Gubemur DKI Jakarta.

Kami telah bertemu Anies Baswedan, dan telah menyampaikan pikiran-pikiran tentang Amanat Indonesia demi Indonesia yang lebih baik.

Pertama, Amanat nilai-nilai Pancasila yang harus dijalankan secara konsekswen. Kedua, Amanat cita-cita kemerdekaan RI sebagai misi yang terus hidup sebagai bangsa dan negara. Ketiga, Amanat agenda reformasi yang harus dituntaskan.

Sebagai bagian dari gerakan kerelawanan, maka dalam konteks pemenangan Anies sebagai Presiden RI. Maka, Amanat Indonesia akan bersinergi dgn elemen pemenangan Anies lainnya, dan secara khusus Amanat Indonesia akan berkontribusi pada bidang komunikasi stratejik sebagai corong pikiran atau Duta Anies di tengah-tengah masyarakat, serta pengembangan jaringan kerelawanan dan rekruitmen keanggotaan di seluruh Indonesia, dan berpartisipasi aktif pada setiap proses dan tahapan pemilu yang berlangsung.

5. Kami mengajak seluruh masyarakat luas, untuk sama-sama berjuang melalui gerakan kerelawanan Amanat Indonesia, dengan cara mengunjungi portal amanat indonesia.com atau seluruh akun sosmed @amanatindonesia

Continue Reading

Politik

Relawan Republik Deklarasi Dukung Puan Maharani Jadi Capres

Published

on

By

Jakarta – Puluhan pemuda yang tergabung dalam Relawan Puan Bersama Wong Cilik (Republik) mendeklarasikan Ketua DPR RI, Puan Maharani sebagai Capres 2024. Deklarasi digelar di Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022).

Ketua Umum Republik, Harda Belly menyampaikan deklarasi yang digelar bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 ini karena Puan merupakan sosok nasionalis sejati yang dinanti rakyat.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Ibu Puan memiliki semangat yang kuat untuk tetap menjamin tegaknya NKRI, UU dan Pancasila. Beliau nasionalis sejati, darah para pendiri bangsa tertanam dalam jiwa dan tindakannya. Ia sosok patriot dan nasionalis sejati,” ujar Harda saat memberikan sambutan pada deklarasi.

Menurut Harda, pihaknya akan keliling Indonesia untuk mensosialisasikan sosok dan perjuangan keberhasilan Puan dalam membela rakyat kecil. Hal itu dilakukan karena Puan ingin Indonesia menjadi Indonesia menjadi negara maju.

“Setelah deklarasi ini kita turun ke bawah. Kita temui rakyat kecil wong cilik. Ada nelayan, petani dan pedagang. Kita kabarkan kepada mereka bahwa ibu Puan siap memperjuangkan nasib rakyat kecil,” tuturnya.

Relawan Republik ini ditargetkan akan terbentuk di seluruh provinsi, kabupaten dan kota, mulai dari Aceh sampai Papua. Semua pengurus relawan adalah anak-anak muda yang memiliki semangat memenangkan Puan sebagai kelapa negara Indonesia.

“Kita sebagai pengurus pusat harus terus semangat jangan pernah lelah dan menyerah. Kita perjuangan ibu Puan sampai menjadi Presiden,” papar Harda.

Alasan Harda membentuk Republik karena dia melihat Puan selama ini memperjuangkan dan membela nasib rakyat kecil atau wong cilik.

Itu dilakukan agar rakyat kecil sejahtera dan Indonesia semakin makmur. Apalagi, lanjutnya, Puan menjadi representasi perempuan Indonesia.

Harda menyebut Puan role model bagi perempuan dan perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam kancah politik. Karena itu, wajar jika cucu proklamator Bung Karno ini menginspirasi perempuan Indonesia.

Continue Reading

Politik

Sosialisasi Peraturan Daerah / Dalam Rangka Penyeberaluasan Peraturan Daerah Periode Tahun 2022

Published

on

By

Jakarta – Rapat koordinasi yang dilaksanakan Sekretariat DPRD memutuskan, sosialisasi perda akan digelar sebanyak dua kali yaitu Agustus 2022

Hj Yuke Yurike , ST, MM, menjelaskan, dalam kegiatan tersebut tidak ada ketetapan perda tertentu untuk disebarluaskan kepada masyarakat. Selama perda tersebut berlaku maka setiap pimpinan dan anggota DPRD punya hak untuk menyebarluaskannya.

Pihaknya, DPRD Fraksi PDI P, juga berharap agar pelaksanaan kegiatan sosialisasi perda dapat tepat sasaran dalam pelakasanaannya dan administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami ingin masyarakat tahu dan mematuhi serta tepat sasaran soal penyebarluasan perda ini, karena itu haknya anggota Dewan untuk menyampaikan dan dukungan administrasi yang baik, akuntabel dan tepat waktu,” tandasnya. Minggu (14/8/2022)

Ia juga berharap melalui kegiatan Sosperda warga Ibukota bisa lebih memahami peraturan-peraturan yang ada dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya harap dengan sosialisasi perda masyarakat tidak buta terhadap produk hukum yang dikeluarkan, juga agar masyarakat tahu Perda apa saja yang sudah ada dan bisa digunakan dalam keseharian,” ujarnya.

Acara ini di hadiri oleh warga dari RT01-07 / RW08, Lurah manggarai Arafat, Sekcam Tebet Rudi Cahyadii, PKK, FKDM, Jumantik, Jaya dasa wisma dan lain lain

Continue Reading

Trending