Connect with us

Daerah

400 Lebih Tindakan Bedah Robotik Berhasil Dilakukan di RS Bunda Jakarta

Published

on

Jakarta – Rumah Sakit Bunda menjadi pelopor yang mengimplementasikan teknologi terkini Bedah Robotik (Robotic Surgery) di Indonesia. Sejak awal tahun 2012 lalu, RS Bunda terbukti telah sukses menangani lebih dari 400 proses Bedah Robotik. Beberapa disiplin ilmu yang telah memanfaatkan teknologi ini diantaranya adalah, kandungan jinak, kanker rahim, bedah urologi, bedah digestif dan bedah prostat. Selasa .(14/1/2020)

Dengan mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran terbaik ditunjang dengan penyediaan fasilitas berbasis teknologi termutakhir, RS Bunda Jakarta telah menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini dan menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi Bedah Robotik kepada masyarakat modern Indonesia.

Sebagaimana dimaklumi, perkembangan dunia pembedahan (minimal invasive) telah bertumbuh pesat seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi secara umum. Sistem komputerisasi dan teknologi medis yang canggih telah membantu para dokter untuk memberikan pengobatan yang semaksimal mungkin kepada pasiennya. Pembedahan konvensional memberikan konotasi dengan luka operasi yang besar, resiko operasi yang tinggi dan masa pemulihan yang lama.

Lokasi pembedahan yang sulit terkadang tidak dapat di lakukan secara sempurna dikarenakan keterbatasan dan sudut gerak alat yang umumnya hanya mempunyai gerakan 2 arah. Keterbatasan ini yang menyebabkan pembedahani menjadi kurang optimal dan manipulasi gerak akan meningkatan rasa nyeri dan tingkat perdarahan yang lebih tinggi.

Pembedahan dengan teknologi robotik dilakukan dengan kontrol dan artikulasi tangan dan jari dokter. Tangan-tangan robot akan dengan leluasa bergerak seperti layakanya tangan dokter berada di dalam rongga operasi seperti rongga abdomen. Dengan teknologi 3 dimensi, visualisasi yang diihat oleh ahli bedah akan terasa seperti layaknya sedang melakukan operasi langsung.

Tingkat presisi yang tinggi memberikan informasi yang detail tentang patologi jaringan operasi yang dilakukan pembedahan. Tindakan pembedahan akan lebih tepat dan perdarahan akan sangat sedikit.

Pemulihan akan berlangsung sangat cepat ,dikarenakan sedikitnya manuver dokter terhadap jaringan sekitar dan sedikitnya perdarahan. Ekstensi tangan yang dilakukan oleh mesin robot membantu dokter dalam menentukan jaringan yang perlu diobati dan jaringan sehat dimana hal ini sulit dilakukan dengan tindakan pembedahan konvensional dan pembedahan MIS ( minimally invasive surgery)

Beberapa pasien pertama telah melalui Robotik surgery ini dengan hasil yang sangat baik.Biaya operasi di RS Bunda akan jauh lebih murah dibandingkan dengan pembiayaandi Singapura dan Malaysia. Dengan ini diharapkan masyarakat Indonesia akan mempunyai pilihan yang berada di dalam negeri, dalam melakukan tindakan pembedahan robotik ini.

Berdasarkan pengalaman aplikasi bedah robotik ini terbukti efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi besar luka, ketepatan/akurasi dalam operasi yang lebih tinggi yang akhirnya memberikan hasil operasi yang optimal.

Dikabarkan bahwa RSU Bunda Jakarta merupakan salah satu unit usaha dibawah naungan BMHS (Bundamedik Healthcare System) adalah salah satu jejaring pelayanan kesehatan di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1973.

Sebagai Rumah Sakit pelopor yang telah berhasil menjalankan Robotic MIS (Minimally Invasive Surgery), RS Bunda Jakarta selain menerima layanan rujukan, tetapi juga memberikan pelatihan bagi tenaga medis dalam bidang robotic yang di bantu oleh tim dokter professional dan kompteten di antaranya: Dr. Ivan R. Sini SpOG, Dr. Irham Suheimi SpOG,Dr.

Ari Polim SpOG, Dr.Sita Ayu Arumi SpOG, Dr.Iwan Kurnia Effendi, SpOG (K), Onk Dr. Cepi Teguh SpOG, Dr.Aryando SpOG, Dr.Caroline Hutomo SpOG, Dr.Anggia Melani Lubis SpOG, Dr.Kartika,SpOG, Dr.Agus Rizal A.H Hamid Sp.U PhD, Dr.Ariansah Margaluta SpB (K)

Continue Reading

Daerah

Pengusaha Muda Pemandu Taman Wisata Cibodas, Ambi: Potensi Pemandu Wisata Sangat Dibutuhkan

Published

on

By

Cianjur – Keberadaan pemandu Wisata memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan pariwisata di suatu daerah.

Cibodas merupakan Taman Wisata Pegunungan yang diapit antara Gunung Gede dan Pangrango, diketinggian 1425 diatas permukaan laut. Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara, diantaranya ada Kebun Raya Cibodas, Perkemahan Mandalawangi dan pendakian Gunung Gede Pangrango.

Buat para pendaki, selain hobi juga buat menenangkan pikiran dan banyak juga orang yang mendaki hanya untuk menambah koleksi foto nya di mensos.

Adalah Muhammad Said Ambiya, biasa akrab dipanggil Ambi, pemuda asli kelahiran Cibodas, Cimacan, Cianjur Jawa Barat, yang baru aja lulus kuliah komunikasi ini baru memulai usaha menjadi Pemandu Wisata di Cibodas dan juga menyewakan alat-alat kemping.

UMI AMBI ADVENTURE, ialah nama basecamp Ambi yang terletak tepat di dalam kompleks Taman Wisata Cibodas.

“Saya baru aja buka usaha Pemandu Wisata dan juga sewa alat alat-alat kemping di Taman Wisata yang ada di Cibodas ini.” tutur Ambi semangat.

Maka dari itu Ambi, panggilan sehari-harinya berharap sebagai pemandu wisata harus mempunyai pola perjalanan sebelum mengantarkan tamu-tamunya ke destinasi wisata yang akan dituju.

“Wisatawan tentunya membutuhkan pemandu wisata untuk menjelaskan berbagai potensi pariwisata yang akan didatangi nya, khusus nya destinasi wisata berbasis alam, semuanya mempunyai keinginan dan juga harapan yang berbeda.” ujar Ambi dengan usianya baru 23 tahun ini.

Ambi menambahkan, bagi siapa aja yang ingin berwisata ke Cibodas, bisa menghubungi lewat WhatsApp: 082321205285, nanti kami siap antar kemana saja yang diinginkan, khususnya Taman Wisata Cibodas.*
(Agung Orombo)

Continue Reading

Daerah

Berbagi Sesama Di Bulan Ramadan, Tiga Komunitas Tangerang Selatan Bagi-Bagi Ta’jil

Published

on

By

Tangsel – Tepat tanggal 1 Mei 2021, yakni para komunitas berkolaborasi diantaranya, Betawie Bagen Baee (BBB), WAG Berbagi Kasih dan Perkumpulan Advokat Betawi (PADI) Tangsel ini membagikan Ta’jil kepada masyarakat di Jalan Raya Dewi Sartika No 42 Ciputat Tangsel, dengan tema Ta’jil On The Road, Jalin Kebersamaan Tali Silaturahmi.

Dibulan yang penuh berkah ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai komunitas untuk selalu berbagi ke sesama mendulang pahala.

Adapun dalam kegiatan tersebut, kurang lebih 1000 Ta’jil habis dibagi-bagikan oleh para anggota serta pengurus masing-masing komunitas kepada masyarakat yang melintas di Jalan Raya Dewi Sartika No 42 Ciputat Tangsel. Untuk proses pembagian Ta’jil di lakukan secara mobiling menjaga antisipasi timbulnya kerumunan, serta diiringi musik OTM PRO INTERTAIMENT dengan hiburan bernuansa islami.

Kordinator Pelaksana acara, R Deden Iswandi, biasa disapa Denni Chogrex, Ketua Admin R Dadeng Maulana atau nama kerennya Bheta serta Ketua Admin PADI Tangsel, Jaka Sahroni, pada kesempatan ini Denni mengatakan, pelaksanaan acara Ta’jil On The Road ini berjalan lancar dan sukses dan juga merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Kami bersyukur acara yang kami lakukan menjelang waktu berbuka puasa mendapat sambutan positif dari masyarakat, ” ujar Denni.

Ditempat yang sama Betha mengatakan bahwasanya kita sebagai contoh komunitas yang selalu aktif dalam kegiatan sosial dan terus menjalin tali silaturahmi.

Ketua Admin PADI Tangsel Jaka Sahroni menambahkan, disini ada tiga komunitas guna bersama-sama berbagi keberkahan dibulan yang penuh berkah ini.

Hj Nyai Ratu Aida di sela-sela pembagian Ta’jil bersemangat kepada anggota dan pengurus untuk terus menjalin silaturahmi dan kegiatan ini akan selalu dilaksanakan setiap setahun sekali.

Tidak ketinggalan pencetus acara Ta’jil On The Road, Haji Nedih berharap dengan adanya pembagian Ta’jil, masyarakat kota Tangsel agar dapat melihat dan peduli, menjadikan aspirasi untuk berbagi dibulan Ramadan ini. Berikutnya akan banyak lagi kegiatan positif dari komunitas sebagai wujud rasa kebersamaan dan persaudaraan diantara kita serta sesama umat beragama tutup Haji Nedih. (Agung)

Continue Reading

Daerah

Lapas Serang Ikuti Pembinaan Kinerja dan Pembangunan ZI Oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM

Published

on

By

KOTA SERANG,- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang mengikuti Kegiatan Pembinaan Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas oleh Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM yang di laksanakan di Aula lantai 3, Kanwil Kemenkumham Banten. Rabu (28/04/2021)

Kegiatan ini diikuti secara langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita bersama Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten dan juga diikuti secara virtual oleh perwakilan dari anggota pokja yang ada di Lapas Kelas IIA Serang.

Kepala Lapas Kelas IIA Serang, Heri Kusrita menjelaskan bahwa Kegiatan tersebut dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsj (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dilingkungan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Banten.

“Agenda pada kegiatan ini yaitu pemberian Penguatan terkait Pembangunan Zona Integritas dari Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Bapak Dr. Dhahana Putra, Bc.IP,. SH,. M.Si yang hadir langsung di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Banten,” ungkapnya.

Kalapas menambahkan bahwa jajarannya pun mengikuti kegiatan tersebut secara virtual di Lapas Serang.

Continue Reading

Trending