Connect with us

Metro

Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN), PSP3-IPB dan Saspri Nasional Gelar Seminar Perunggasan

Published

on

Bogor,- Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) bersama PSP3-IPB dan Saspri Nasional yang mewadahi para peternak unggas mandiri melaksanakan Seminar Perunggasan mengangkat tema “Tanggung Jawab Pemerintah Dalam Melindungi Keberlangsungan Hak Usaha Perunggasan Nasional’
Seminar perunggasan ini dilaksanakan di IICC Botani Square, Kota Bogor pada hari Rabu,(24/01/2024)

menghadirkan beberapa narasumber diantaranya drh.Agung Suganda,M.Si, Perwakilan Kementerian Pertanian,Dr.I Gusti Ketut Astwa,S.Sos,MM Deputi 1 Bapanas RI, Alvino Antonio,ST., Ketua KPUN (Komunitas Peternak Unggas Nasional),Dr.Prabianto Mukti Wibowo,M.Sc Komisioner Komnas HAM dan Yeka Hendra Fatika yang merupakan Komisioner Ombudsman RI dan dimoderatori oleh Prof.Dr.Ir.Muladno,MSA yang merupakan seorang profesor di bidang peternakan yang menginisiasi lahirnya Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dan sebagai Ketua PSP3 – IPB.

drh. Agung Suganda,M.Si, mengatakan tentang arah kebijakan dan langkah kementerian pertanian dalam pelindungan dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat perunggasan.

“Kami saat ini sedang melakukan perubahan-perubahan sebagaimana yang diperintahkan oleh Pak Menteri,tentu tujuannya adalah bukan hanya bagaimana meningkatkan produksi daging unggas dan telur ayam kita.

tetapi juga bagaimana mendorong agar pemberdayaan perlindungan terhadap peternak rakyat,pelaku usaha mandiri itu juga semakin meningkat dan pada ujungnya nanti adalah peningkatan kesejahteraan dari masyarakat kita termasuk juga para peternak yang melakukan usaha budidaya saat ini,” ungkapnya.

Alvino Antonio,ST Ketua Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) menyatakan rasa syukurnya karena melalui seminar ini ada beberapa masukan dari instansi pemerintah lintas sektoral.

“Jadi tadi dijelaskan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki diantaranya undang-undang dan beberapa aturan lain yang masih berpotensi merugikan peternak mandiri. Tentunya hal tersebut perlu dibahas lebih lanjut dan lebih mendalam dilain kesempatan.

Dalam seminar ini nantinya akan ada beberapa catatan yang akan disampaikan dan dibahas bersama antar lintas sektoral yang nantinya diharapkan bisa menemukan jalan yang terbaik bagi industri peternakan perunggasan di Indonesia’” ujarnya.

“Kami dari peternak mandiri meminta tolong kepada pemerintah melalui kementerian Pertanian, supaya kementerian Pertanian mengangkat harga ayam dari peternak dengan harga yang sesuai. Pasalnya harga ayam hidup itu jauh di bawah harga biaya produksi yang sekarang.

Saat ini kami tidak bisa berbuat banyak karena harga pakan ternak terbilang tinggi harganya menyentuh Rp.10.000, untuk itu kami meminta Kementerian Pertanian untuk bisa menekan harga pokok produksi khususnya pakan agar kami bisa menjual ayam dengan harga yang lebih baik,”ungkapnya.

Acara seminar tersebut juga dihadiri oleh pelaku peternak unggas, off taker peternak, pihak swasta dan instansi pemerintah dan dari pihak swasta.

Sementara itu anggota Ombudsman RI, Yeka Hendra Fatika menegaskan pemerintah wajib memberikan perlindungan yang nyata bagi peternak unggas baik di level kebijakan dan implementasi.

Yeka memaparkan, “Ombudsman telah menerima berbagai aduan dari para peternak di antaranya terkait rendahnya harga jual ayam hidup di kandang, tingginya biaya sarana produksi peternak hingga permasalahan PKPU antara Peternak dengan Perusahaan Pakan.

Di samping itu para peternak mandiri juga mengadu soal terhambatmya proses pembayaran dalam Program Pencegahan Stunting oleh Pemerintah kepada Peternak,” ujarnya.

Menurutnya upaya jangka menengah dan jangka panjang yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah dengan mendorong pemisahan pasar produk dari integrator dengan peternak rakyat/mandiri.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Prabianto Mukti Wibowo,M.Sc Komisioner Komnas HAM yang hadir sebagai salah satu narasumber dalam acara seminar tersebut menyoroti masalah Rekomendasi dan Pengembangan Industri Perunggusan Nasional yang Berkelanjutan serta Berkeadilan.

Continue Reading

Metro

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan di Nusantara Awards 2024

Published

on

By

Jakarta,  – Media Nawacita Indonesia (MNI) sukses menggelar acara penghargaan bergengsi, Nusantara Awards 2024,

Taman Mini Indonesia Indah Berhasil Meraih Penghargaan yang di terima langsung oleh Arie Prasetyo Direktur Operasi TMII di ajang Nusantara Awards 2024 pada Kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” yang di selenggarakan oleh Media Nawacita Indonesia (MNI) di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2024).

 

Direktur Operasi Arie Prasetyo menyampaikan mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane kriteria filosofi – filosofi keberagaman Indonesia dan juga pertunjukan di tmii yang di kemas secara visual teknologi dengan cerita – ceria rakyat jaman dulu

 

“Mulai tahun 2021 TMII sudah membuat master plane keterta filosofi – filosofi keberagaman Indonesia, hari ini mendapat penghargaan dengan kategori “Pelestari Warisan Budaya Nusantara” dan ini saya pikir sangat tepat karena memang TMII dari dulu kita selalu menjaga budaya Nusantara.” Kata Arie Prasetyo

 

“Bahkan setelah kami mengelola taman mini dari tahun 2021 semua produk yang kami berikan atau tunjukkan di taman mini juga selalu kembali kepada ragam budaya Nusantara.” Bebernya

 

Yang terakhir yang kami create juga adalah cerita – cerita pada tahun 2023 kita baru launching dengan pertunjukan teknologi dengan cerita – cerita rakyat jaman dulu.

 

Kita ingin jadi anak – anak jika ke taman mini tahu lagi cerita si kancil dan cerita buto ijo seperti apa yang di kemas secara visual teknologi, yang tahun kemarin sempat mendapatkan penghargaan di nominasi sebagai salah satu dari lima pertunjukan air mancur terbaik di dunia.” Jelas Arie

 

Di kesempatan yang sama Direktur Utama Media Nawacita Indonesia (MNI) Otoli Zebua sangat apresiasi dengan sukses nya acara Nusantara Award dan juga memberikan apresiasi kepada lembaga dan individu yang konsen telah berperan aktif dalam melestarikan budaya Nusantara.

Otoli berharap para penerima anugerah Nusantara Awards 2024 dapat terus berperan aktif menginspirasi dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara. Dengan adanya Event ini masyarakat di harapkan dapat termotivasi untuk peduli dengan budaya.

Continue Reading

Metro

Majelis Nasional KAHMI Gelar silaturahmi dan halal bihalal 1445H

Published

on

By

JAKARTA – Majelis Nasional KAHMI mengadakan silaturahmi dan halal bihalal 1445H bersama keluarga besar Korps Alumni KAHMI dengan Koordinator Presidiumnya Ahmad Doli Kurnia Tandjung di Hotel Kartika Chandra Jakarta pada hari Rabu, 8 Mei 2024.

 

Silaturahmi antar Alumni KAHMI itu berjalan dengan suasana hari ini sangat berbeda dari sebelumnya karena kita semua baru selesai Pemilu 2024 dan kita berharap kedepan KAHMI lebih bisa berkontribusi terutama kepada pemerintahan baru yaitu Prabowo-Gibran yaitu kita mencoba membangun memberikan kontribusi terhadap pemikiran-pemikiran perubahan penyempurnaan sistem baik itu sistem pemerintahan itu sendiri, politik, ekonomi, hukum dan lain-lain.

 

Ini nanti akan kita lakukan dengan diadakan simposium bersama guru-guru besar KAHMI.

Untuk adanya pengontrolan dan pengawasan program pemerintah Prabowo-Gibran kita hanya berharap kepada Anggota-Anggota DPR yang aktif di Korps Alumni KAHMI ini.

Continue Reading

Metro

Gianto Direktur Bumdes Jogjakarta Dapet Penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan Award 2024

Published

on

By

Jakarta – Badan usaha milik desa atau BUMDes dinilai bisa mempercepat pertumbuhan desa. Masyarakat desa pun dapat semakin berdaya dengan adanya BUMDes. Selasa.(7/5/2024)

 

Namun, hal yang mesti dilakukan adalah terus mendorong pengembangan kapabilitas sumber daya manusia BUMDes tersebut.

 

Badan usaha milik negara (BUMN) dan perusahaan swasta pun diminta terus berkomitmen dalam program tanggung jawab sosialnya serta mendukung desa berkelanjutan. Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) juga perlu betul-betul tepat sasaranan bermanfaat bagi masyarakat perdesaan.

 

Harapannya, pembangunan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan di desa terwujud.

 

Gianto Direktur Bumdes Sambi Mulyo, Prambanan Jogjakarta dalam wawancaranya kepada para media mengatakan terima kasih atas penghargaan yang diberikan ini, katagori Bumdes Maju, menjadi pemicu semangat kami, mendapat penghargaan ini tidak mudah, berkat kolaborasi dengan pemerintah desa, dengan lembaga desa yang lain, desa wisata dsb, sehingga kita bisa menjalankan Bumdes ini dengan baik, ini akan menjadi pemicu semangat kami untuk lebih giat lagi untuk maju,”ujarnya

 

Lebih lagi memperhatikan Aset desa dan mensejahterakan masyarakat desa,

 

Harapan kami akan menjadi pemantik lagi supaya Bumdes ini lebih berbicara banyak, ada beberapa perusahaan yang kita bisa kerjasamakan, termasuk pengadaan barang dan jasa menjadi peluang baru bagi untuk mengelola Bumdes,”tutup Giatno

Continue Reading

Trending